Update Tsunami Selat Sunda: Korban Meninggal Dunia Menjadi 373 Orang

BNPB bersama aparat TNI melakukan penanganan darurat pascabencana, Senin 24 Desember 2018.(dok bnpb)

Terkini.id, Jakarta – Hingga sore hari ini, Senin 24 Desember 2018, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban tewas akibat tsunami Selat Sunda mencapai angka 373 orang.

BNPB juga mencatat, ada 1.459 orang yang mengalami luka-luka.

“Data sementara dampak bencana tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda hingga Senin (24/12/2018) pukul 17.00 WIB, tercatat 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan resmi, Senin 24 Desember 2018.

Disebutkan juga, kerugian fisik akibat tsunami yang meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan vila rusak, serta 420 unit perahu dan kapal rusak.

Sutopo menjelaskan, saat ini tim gabungan terus melakukan penyisiran dan evakuasi terhadap korban.

Menarik untuk Anda:

“Tim SAR gabungan terus melakukan penyisiran, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban bencana tsunami di sepanjang daerah terdampak landaan tsunami di Selat Sunda. Beberapa daerah yang sebelumnya sulit dijangkau karena akses jalan rusak dan tertutup oleh material hanyutan tsunami, sebagian sudah dapat jangkau petugas beserta kendaraan dan alat berat,” tutur dia.

Sutopo menyampaikan, penanganan darurat terus dilanjutkan dengan fokus pada evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban, hingga perbaikan sarana dan prasarana umum.
Menurutnya, saat ini kondisi listrik masih padam sebagian dan sedang dalam pemulihan oleh petugas PLN.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemeriksaan Suket Rapid Tes di Batas Kota Makassar Dihentikan

Ini Rahasia Anggota Brimob Mampu Kurban 84 Sapi dan 4 Kambing

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar