Usai Makan Mie Instan, Wanita Asal Kalimantan Ini Meninggal Dunia

Mie Instan
Ilustrasi makan mie instan. (Foto: istimewa)

Terkini.id, Tapin – Makanan praktis seperti Mie Instan merupakan makanan favorit di oleh semua kalangan masyarakat. Selain praktis dari segi penyajiannya, makanan ini juga terbilang murah meriah.

Namun di balik keistimewaannya tersebut, mie instan adalah salah satu makanan yang dianggap paling berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi tiap hari.

Tak main-main, kebiasaan mengonsumsi mie instan ternyata bisa berakibat fatal bagi tubuh, bahkan hingga menyebabkan kematian. Seperti yang dialami oleh seorang wanita bernama Mardiansyah alias Dian (23) asal asal Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Dian ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di dalam kamarnya dengan berlumur darah yang keluar dari mulutnya.

Dilansir dari Tribun Pontianak, Kamis 6 Juni 2019, kematian Dian disinyalir terjadi usai menyantap mie instan rebus yang ia pesan.

Ibunya, Arbayah (42) merasa khawatir dan panik setelah keesokan harinya Dian tidak keluar dari kamarnya.

Saat ibunya meminta bantuan warga sekitar untuk mendobrak kamar Dian, ditemukan Dian sudah tidak bernyawa.

Kasus serupa

Mie Instan
Ilustrasi makan mie instan. (Foto: istimewa)

Kasus kematian akibat keseringan mengkonsumsi mie instan juga pernah terjadi beberapa waktu lalu di Taiwan.

Dilansir dari laman World of Buzz, pada Sabtu 9 Maret 2019, lalu, mahasiswa berusia 18 tahun asal Taiwan ditemukan meninggal dunia akibat kanker perut yang dideritanya.

Setelah diselidiki secara medis, kanker perut tersebut dipicu oleh kebiasaan makannya yang tidak sehat. Pria ini melahap mie instan tiap hari sejak duduk di bangku SMA.

Pemuda tersebut mulai mengalami gangguan kesehatan usai dirinya lulus dan berhasil masuk kuliah.

Dia mulai menunjukkan gejala awal penyakit ini seperti perut kembung, mual, dan sakit perut. Keluarganya menjadi khawatir karena keadaannya semakin buruk.

Akhirnya setelah dibawa pihak keluarga ke rumah sakit setempat untuk diperiksa, pemuda itu langsung divonis kanker perut stadium akhir.

Setahun setelah mengidap kanker perut, pemuda itu harus menyerah pada penyakitnya hingga akhirnya meninggal dunia.

Zat berbahaya yang terkandung dalam Mie Instan

Mie Instan
Mie Instan. (Foto: istimewa)

Mie instan mengandung bahan pengawet yang membuatnya tahan lebih lama. Bahan pengawet tersebut tentunya membuat mi instan rendah kandungan nutrisi, tinggi lemak, kalori dan sodium.

Makanan ini juga mengandung bahan pewarna buatan, zat aditif dan juga perasa yang mengandung berbagai zat kimia.

Belum lagi, mie instan mengandung monosodium glutamat (MSG) di mana ada batasan dalam mengonsumsinya. Karena bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, MSG juga menimbulkan masalah kesehatan yang serius, seperti gejala kanker perut.

Berita Terkait
Komentar
Terkini