Masuk

Usai Terbentuk, DPD AKUMANDIRI Bulukumba Resmi Dilantik, Dinahkodai Founder Ojek Pinisi Rudi Toto

Komentar

Terkini.id, Bulukumba – Dewan Pengurus Daerah (DPD) AKUMANDIRI Asosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI) Kabupaten Bulukumba periode 2022-2026 resmi dilantik.

Pelantikan yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba oleh Ketua Umum DPP Akumandiri Indonesia, Hermawati Setyorinny didampingi Ketua DPW Akumandiri Sulawesi Selatan Bachtiar baso dan disaksikan pemerintah Kabupaten Bulukumba dan sejumlah tamu undngan yang hadir pada, Rabu 27 Juli 2022.

Pelantikan pengurus DPD AKUMANDIRI Bulukumba dihadiri sejumlah pejabat teras Bulukumba, Ketua Umum DPP AKUMANDIRI, Ketua DPD AKUMANDIRI Sulawesi Selatan dan sejumlah tamu undangan lainnya, Rabu 27 Juli 2022 di ruang pola Kantor Bupati

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP AKUMANDIRI Hermawati Setyorinny menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan ketua DPD dan pengurus AKUMANDIRI Bulukumba periode 2022-2026. 

Baca Juga: Bangun Bandara Wisata Bulukumba, Pemerintah Akan Bebaskan 79.93 Hektar Lahan

Hermawati Setyorinny juga berharap para pengurus Akumandiri di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan pengusaha industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, khususnya Bulukumba.

“Kami berharap agar Ketua dan pengurus yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan, sehingga mampu membawa organisasi AKUMANDIRI Kabupaten Bulukumba  menjadi organisasi yang mampu menunjukkan peran aktif dalam membina pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) ke depan,”bebernya.

Pengurus DPD AKUMANDIRI Bulukumba yang baru dilantik berfoto bersama dengan Ketua Umum DPP AKUMANDIRI, Ketua DPW AKUMANDIRI Sulawesi Selatan beserta sejumlah pejabat Pemkab Bulukumba, Rabu 27 Juli 2022

Ia juga menyampaikan bahwa AKUMANDIRI adalah sebuah organisasi profesi dan gerakan sosial ekonomi yang bersifat independen, tidak terikat dan atau mengikatkan diri kepada partai politik maupun kekuatan politik mana pun, dan bernapaskan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dan kesejahteraan.

Baca Juga: Anggota DPR Aliyah Mustika Ilham Serahkan Bantuan Alat Kesehatan ke RSUD Sultan Daeng Radja Bulukumba

“AKUMANDIRI dibentuk pada tahun 2016 dengan visi untuk menata stakeholder baik pemerintah maupun nonpemerintah serta sebagai pusat informasi bagi para UMKM,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD AKUMANDIRI Bulukumba yang baru dilantik, Rudi Toto mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk menahkodai DPD AKUMANDIRI Bulukumba periode 2022-2026.

Pelantikan pengurus DPD AKUMANDIRI Bulukumba periode 2022-2026 pada Rabu 27 Juli 2022

Sebagai informasi juga bahwa Rudi Toto adalah Founder dari platform Ojek Pinisi dan pemilik pusat oleh-oleh Bulukumba, Omah Dompea yang kini diamankan untuk menahkodai DPD AKUMANDIRI Bulukumba Sulawesi Selatan periode 2022-2026.

Ia juga menyebut bahwa kedepannya, DPD AKUMANDIRI Bulukumba akan lebih banyak menampung aspirasi teman-teman pelaku UMKM dan mencarikan solusi bersama terutama dalam pembinaan yang berkesinambungan.

Baca Juga: Sembilan Petahana Tumbang di Pilkades Serentak Bulukumba, Berikut Daftarnya

Di samping itu, langkah awal yang akan dilakukan adalah pemetaan pelaku UMKM dengan penguatan database dimulai dari tingkat dusun sampai kecamatan.

“DPD AKUMANDIRI akan membuka kemitraan ke lembaga-lembaga keuangan (perbankan) agar pelaku UMKM dapat akses yang mudah saat pengajuan dana ke perbankan dan yang paling penting melakukan pembinaan bersama dalam hal bagaimana cara memasarkannya,”urainya.

Ia juga berharap agar produk-produk UMKM ada di setiap instansi dan harus ada transaksi penjualan di situ.

“Termasuk titik-titik objek wisata wajib ad£ produk-produk UMKM. Kemudian sekali lagi, kami dari DPD AKUMANDIRI akan membuka kemitraan antar lintas asosiasi, lintas organisasi atau lembaga,”pungkasnya.

Pengurus DPP dan DPW AKUMANDIRI berkunjung ke kantor Ojek Pinisi dan Pusat Oleh-oleh Omah Dompea

Sedangkan Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf berharap agar dengan terbentuknya DPD AKUMANDIRI di Bulukumba, para lelaku UMKM harus memiliki karakter.

“Hadirnya DPD AKUMANDIRI di Bulukumba berharap akan terbentuknya kemandirian para pelaku UMKM dalam menyongsong era digitalisasi. Pelaku UMKM harus memiliki karakter,”imbuhnya.

Adapun pelantikan DPD AKUMANDIRI Bulukumba Sulawesi Selatan Periode 2022-2024 tersebut dihadiri Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, Kepala Dinas DISPORA, Kepala Dinas P2KUM dan  Kepala Bidang UMKM Dinas P2KUM Bulukmba beserta tamu undangan dari berbagai lintas organisasi.