Utusan Kemdikbud Latih Trauma Healing ke Relawan dan GGD Lombok

Utusan Kemdikbud Latih Trauma Healing ke Relawan dan GGD Lombok

Terkini.id, Lombok – Praktisi penyembuhan holistik, Dani Adam, didatangkan khusus oleh Kemdikbud untuk memberikan pelatihan trauma healing kepada relawan dan Guru Garis Depan (GGD) yang ditempatkan di Pulau Lombok.

Kegiatan tersebut diadakan di Posko Kemdikbud yang terletak di halaman SMP 1 Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Rabu, 15 Agustus 2018.

Dani mengungkapkan bahwa ilmu tersebut bisa diaplikasikan untuk membantu banyak orang. Ia juga meminta kepada peserta agar menularkan keilmuannya kepada relawan lainnya sehingga semakin banyak yang terbantu.

“Trauma healing bisa membantu masyarakat secara mental untuk mampu menerima kejadian yang mereka alami. Sehingga mereka mampu melanjutkan aktivitas dan kehidupan ke depannya dengan mental yang sudah terpulihkan,” ujarnya.

Selain memberikan teori, Dani juga memberikan contoh lewat terapi langsung kepada salah seorang kepala sekolah di Lombok Utara.

Iqbal Rizki, Perwakilan Guru Garis Depan dari Kabupaten Lombok Utara mengungkapkan bahwa pelatihan trauma healing tersebut merupakan yang pertama kali ia peroleh.

Sejauh ini, kata Iqbal, Relawan dari GGD memberikan trauma healing untuk anak-anak saja lewat permainan edukasi.

“Tapi, tadi kami diberikan penjelasan bahwa trauma healing juga penting untuk para orangtua. Sebab jika orangtua sudah lebih tenang, mereka juga bisa menularkan kepada anak-anaknya,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, Akhiruddin selaku koordinator GGD Indonesia yang juga turut hadir menyampaikan komitmennya untuk menyebarkan ilmu kepada relawan lainnya.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini sebagai pembentukan relawan yang mumpuni. Kami berharap ini bisa dipraktekkan oleh para relawan terutama GGD yang memang diberikan tugas untuk membangkitkan semangat dan memberi perubahan,” tutupnya.

 

Citizen Reporter : Hendra Hermawan (Alumni SM-3T Makassar)

Komentar

Rekomendasi

Videonya Viral, Ini Pengakuan Ojol yang Lindungi Makanan Pesanan Pelanggan dari Semprotan Disinfektan

Puluhan Napi Dibebaskan akibat Pandemi Corona Kecuali Habib Bahar, Ini Alasannya

Update Kasus Corona di Sulsel, 80 Orang Positif, 172 PDP

Kabar Duka, Satu Guru Besar UI PDP Corona Meninggal Dunia

Curhat Sedih Bocah Anak Perawat, Ibuku Menjauhiku Demi Menolong Dirimu

Para Koruptor Berpeluang Bebas karena Corona, Termasuk Setya Novanto

Viral Video Polisi Usir Pengunjung Restoran yang Sedang Makan di Tempat

Viral Pria Ditemukan Tewas Usai Ludahi Orang Lain di Stasiun, Ternyata Positif Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar