Tiga Muncikari di Pinrang Terjerat UU Perdagangan Orang

Terkini.id, Pinrang – Tiga Muncikari di Pinrang Terjerat UU Perdagangan Orang berbeda yaitu Undang-undang Perlindungan anak dan  perdagangan orang atau human trafficing.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Pinrang AKP Dharma Negara mengatakan ketiga muncikari itu inisial AS, BA dan B telah ditangkap dengan dugaan menjual perempuan dan akan bawah umur ke pria hidung belang.

“Dua ancaman yang disangkakan dengan hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 600 juta,” jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat 27 Desember 2019.

Berdasarkan aturan, tindakan ketiga muncikari ini diduga melanggar Undang Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Perdagangan Orang. Selain itu, mereka juga dikenakan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Berdasarkan interogasi yang dilakukan pihak kepolisian dan pengakuan terduga pelaku membeberkan jumlah perempuan yang diperdagangkan ke pria hidung belang dan terungkap mereka sudah beraksi hampir setahun lamanya.

“Berdasarkan pengakuannya, mereka memiliki 15 perempuan bahkan diantaranya terdapat anak bawah umur,” tambahnya.

Dalam pengungkapan kasus ini, selain berhasil mengamankan tiga muncikari, polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya yakni uang tunai, screenshoot obrolan transaksi dan sebuah sepeda motor.

Menurut AKP Dharma Praditya Negara, para tersangka dalam beraksi terbilang sangat rapi. Bahkan, mereka tidak gampang mempercayai pemesannya tanpa mengetahui identitas sang pemesan.

“Mereka kirim foto dulu ke pemesan, ketika harga sudah deal, selanjutnya mucikari bersama perempuan yang dipesan datang ke wisma atau hotel,” kata Dharma.

Komentar

Rekomendasi

Ini Kado Dari Gubernur Sulsel Untuk HUT Pinrang Ke-60 Tahun

Gubernur Beri Kado Spesial Ambulans Hibah Jepang di HUT ke-60 Pinrang

GP Ansor Sulsel Temui Bupati Pinrang Andi Irwan, Ada Apa?

Dibangun Swadaya, Masjid Mualaf Makula Pinrang Diresmikan

Lies F Nurdin Lantik Ketua TP PKK Sri Widiyati Sebagai Bunda Paud Pinrang

Tiga Tersangka Pengedar Sabu Berhasil Diringkus Polres Pinrang

Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Pinrang Terancam Gagal Panen

NasDem Akan Berikan Penghargaan Kepada Pemuda Asal Pinrang Pembuat Pesawat Terbang

Kabupaten Pinrang Bakal Panen Udang Windu

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar