Video: Detik-detik Pelari Indonesia Cetak Sejarah Baru, Raih Emas di Finlandia

muhammad zohri, pelari, sejarah

Terkini.id – Sejarah baru dicetak seorang atlet pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri di kejuaraan dunia di Finlandia, Rabu 11 Juli 2018 waktu setempat.

Sprinter Indonesia itu berhasil meraih medali emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Junior yang berlangsung di Tampere tersebut. Ini sejarah baru.

Menariknya, Lalu Muhammad Zohri bukanlah pelari unggulan di kejuaraan-kejuaraan dunia. Namanya selama ini tak secemerlang pelari-pelari dari Jamaika atau Amerika.

Di atas kertas, Catatan waktu terbaik Zohri sebelum kejuaraan dimulai adalah 10,25 detik.

Lalu Muhammad Zohri (REUTERS/LEHTIKUVA)

Pada kejuaraan yang berlangsung di Finlandia tersebut, lalu bisa mencapai garis finis dalam waktu 10,18 detik, Mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Cuma Sujud Syukur

Baca juga:

Menariknya, Lalu diduga tidak menyangka akan memenangi kejuaraan dunia tersebut. Itu karena dia tak menyiapkan bendera merah putih.

Sehingga, tak ada selebrasi yang lazim dilakukan, seperti membentangkan bendera negaranya sendiri saat juara usai mencapai garis finis.

Yang dilakukan Zohri cuma sujud syukur di garis lintasan.

Lihat videonya:

Beda 0,01 Detik dari Suryo Agung

Tidak cuma itu. Catatan waktu Zohri cuma berbeda 0,01 detik dari catatan waktu terbaik pelari Indonesia di nomor 100 meter yang dimiliki oleh Suryo Agung Wibowo.

“Saya akan berpesta malam ini. Saya sangat gembira dengan keberhasilan mendapatkan catatan waktu terbaik dan rekor nasional untuk kategori junior,” ungkap Zohri.

Baca: Cerita Nurdin Abdullah Jadi Tukang Pel Sekolah dan Jualan Batu Bata

Saat ini, Zohri mengaku bersiap menghadapi Asian Games bulan depan. “Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan hebat untuk karier saya,” kata Zohri seperti dikutip dari situs IAAF.

Komentar

Rekomendasi

Pertama di Indonesia, Pengurus Esport Dilantik Secara Online

Pemain NBA Positif Corona Usai Rudy Gobert Bercanda Pegang Semua Mikrofon saat Konferensi Pers

Tips dan Manfaat Bersepeda Ala Kusmawati Yazid

Wakil Gubernur Sulsel Buka Kompetisi Futsal Bulan K3 Nasional

Kena ‘Demam’ Tik Tok, Rossi Goyang Ubur-ubur Saat Tiba di Indonesia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar