Video: Lawan Atlet Kickboxing, Master Tai Chi Tumbang dalam 5 Detik

Terkini.id, Makassar – Ahli beladiri kungfu aliran Tai Chi belum tentu jago dan menang dalam pertandingan kick boxing.

Dilansir dari dari SCMP, seorang ahli bela diri tradisional tai chi di China, tumbang hanya dengan satu pukulan saat bertarung dengan seorang atlet kickboxing.

Akhirnya, pertarungan tersebut cuma berlangsung hingga lima detik. Setelah itu, wasit pun mengumumkan kemenangan diraih oleh atlet kickboxing.

Pertarungan tersebut digelar oleh Shengshi Yinghao Club di kota Suzhou, China timur, pada awal November 2018 lalu.

Zhu Chunping (47), yang merupakan master Tai Chi dan sudah berlatih hingga puluhan tahun, tumbang dari Yao Hantian (22), yang baru mempelajari kickboxing selama enam bulan.

Zhu langsung tumbang setelah menerima satu pukulan dari Yao.

Setelah tumbang, petugas medis segera masuk ke dalam ring untuk memeriksa keadaan Zhu.
“Setelah dilakukan pemeriksaan, Master Zhu baik-baik saja. Dia kembali pulih satu menit kemudian dan bisa berjalan sendiri menuruni ring,” kata Li Yong, direktur Shengshi Yinghao Club, yang juga pelatih Yao.

Li mengungkapkan, dirinya maupun pihak penyelenggara tidak menyangka jika pertarungan tersebut dapat berakhir dengan sangat cepat.

Menurut dia, Zhu merupakan ahli tai chi yang juga menguasai sejumlah senjata tradisional seperti pedang dan tongkat.

Li mengungkapkan, pihaknya menggelar pertarungan tersebut tidak bertujuan untuk membandingkan antara kedua ilmu bela diri dan menentukan mana yang lebih baik.

Dia juga menyebutkan, tai chi maupun kickboxing memiliki kelebihan masing-masing dan pertarungan itu digelar demi perkembangan kedua ilmu bela diri.

“Tai chi dapat meningkatkan kesehatan dan mengendalikan temperamen pelakunya. Juga memiliki banyak filosofi seni bela diri di dalamnya,” kata Li.

“Selain itu, banyak teknik dalam kickboxing yang berasal dari tai chi, seperti shoulder roll dan cara Anda menggunakan kekuatan saat menendang. Ini adalah bagian penting dari tinju modern,” tambah dia lagi.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini