Viral Jokowi Lempar Barang ke Kerumunan di NTT, Istana: Itu Spontanitas Presiden

Terkini.id, Jakarta – Sosial media sedang diramaikan dengan perbincangan terkait kerumunan warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Dalam sebuah video yang beredar, Jokowi yang memakai masker hitam nampak melambaikan tangan dari rooftop mobil dan sempat melemparkan sesuatu ke tengah kerumunan.

Video tersebut kemudian menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat, termasuk kritikan karena dianggap melanggar Protokol Kesehatan.

Terkait hal tersebut, Istana Kepresidenan pun langsung buka suara.

Baca Juga: Sindir Abdullah Hehamahua, Denny Siregar: Firaun itu yang Suka Jualan...

Istana membenarkan bahwa video tersebut memang merupakan video saat Jokowi tiba di Maumere, NTT.

“Benar, itu video di Maumere. Setibanya di Maumere,” kata Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden pada Selasa, 23 Februari 2021, dilansir dari CNBCIndonesia.com.

Baca Juga: Minta Jokowi Bertaubat, Habib Umar: Allah akan Terima Asalkan Lengser

Bey menjelaskan bahwa masyarakat memang telah menunggu rombongan presiden ketika masih dalam perjalanan.

“Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggiran jalan. Saat rangkaian melambat, masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti,” jelasnya.

Bey juga menyampaikan bahwa kerumunan tersebut adalah bentuk spontanitas masyarakat Maumere yang antusias atas kedatangan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Doakan HRS Dibebaskan, Habib Umar: Jokowi Akan Diampuni Allah Tapi...

“Jadi sebenarnya, itu melihat spontanitas dan antusiasme masyarakat Maumere menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker,” katanya.

Menurut Bey, dalam video tersebut, Jokowi juga mengingatkan warga agar menggunakan masker dengan cara menunjukkan masker yang ia gunakan

“Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya,” ujarnya.

Adapun terkait barang yang dilempar Jokowi ke tengah kerumunan, Bey menjelaskan bahwa itu merupakan bentuk spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat.

“Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat. Suvenirnya itu buku, kaos dan masker,” jelasnya.

Bey lalu menegaskan bahwa inti dari semuanya adalah bahwa presiden tetap mengingatkan masyarakat di sana untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan,” tegasnya.

Sponsored by adnow
Bagikan