Viral, siswa SMA nikahi siswa SMP di Sulbar

Pernikahan dini jadi viral./ ist

Terkini.id, Makassar – Pernikahan anak di bawah umur yang berlangsung di Desa Lampa, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, menarik banyak perhatian publik di media sosial.

Sepasang pengantin yang terbilang masih belia ini yaitu AA dan AP. Keduanya melangsungkan ijab kabul di rumah mempelai sang wanita, Minggu 26 November 2017.

“Iya betul keduanya suka sama suka. Makanya pihak keluarga kita nikahkan. Adik saya sudah 17 tahun, kalau istrinya baru 15 tahun,” kata Ansar, kakak kandung AA saat dikonfirmasi, Senin 27 November 2017.

Ansar mengaku, adiknya masih duduk di bangku sekolah menengah (SMA). Sementara istri adiknya nya itu baru saja lulus dari sekolah menengah pertama (SMP).

Dikatakan Ansar, keduanya sempat menjalin hubungan asmara selama delapan bulan lamanya. Sebelum resmi menjadi pasangan suami istri.

AA dan AP bertemu karena sama – sama suka kesenian budaya Mandar. AA memang aktif di sanggar seni Paqbanua, sementara istrinya penari di sanggar tari Sandeq.

“Keduanya dipertemukan karena kecintaan mereka terhadap seni dan budaya suku Mandar,” tutur Ansar.

Ansar mengatakan, alasan mereka dinikahkan karena kekhawatiran pihak keluarga terhadap keduanya yang mengarah ke perbuatan zina. Yang melanggar ajaran agama. Apalagi mereka sudah terlanjur saling cinta satu sama lain.

Setelah kedua pihak keluarga sepakat, lanjut Ansar, keluarganya langsung ke pengadilan agama untuk memenuhi persyaratan izin menikah. Setelah dari situ Keluarga AA dan AP juga mempersiapkan segala keperluan acara resepsi pernikahan.

“Izin dari pengadilan agama dulu. Karena usia mereka yang masih dibawah umur. Ketakutan keluarga seperti itu. Dan tidak ada paksaan untuk menikahkan. Keduanya murni suka sama suka,” terang Ansar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini