Waduh! Viral Video Klaim Sejumlah WNA China Mulai Datang ke Indonesia untuk Huni IKN Baru, Benarkah?

Terkini.id, Jakarta – Belum lama ini beredar sebuah video viral di media sosial soal warga negara asing (WNA) China yang disebut mulai datang ke Indonesia.

Dalam video yang diunggah oleh sebuah akun Facebook, katanya mereka datang ke Indonesia lantaran untuk menghuni Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Dalam video yang diunggah, tampak sekelompok orang tengah duduk di atas kursi pesawat.

Baca Juga: TKA Cina Terus Berdatangan, Said Didu Sebut Negara Akan Kiamat:...

Kemudian video tersebut dilengkapi dengan narasi klaim bahwa sekelompok orang itu merupakan warga negara asing asal China.

Disebutkan juga bahwasanya mereka dengan sengaja memakai pakaian adat Suku Dayak Kalimantan.

Baca Juga: Soal WNA Cina, Ketum PKB: Pemerintah Seakan-akan Gak Peka

Berikut narasi dalam unggahan video yang viral tersebut, sebagaimana dilansir terkini.id dari Antara pada Sabtu, 7 Mei 2022:

“Warga negara asing WNA dari China calon penghuni IKN sudah mulai berdatangan mempergunakan Tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan. Semogah tragedi MANGKOK MERAH jilid 2 akan terjadi.”

Jadi, benarkah klaim narasi video tersebut?

Baca Juga: Soal WNA Cina, Ketum PKB: Pemerintah Seakan-akan Gak Peka

Setelah dilakukan penelusuran, rupanya narasi yang mengklaim bahwa sekelompok orang itu adalah warga negara asing China tidaklah benar alias hoax.

Video aslinya ternyata sudah diunggah pertama kali di kanal YouTube Onal Majan, bukan media sosial Facebook.

Di sana, dijelaskan pula bahwa sekelompok orang itu bukan warga negara asing asal China, melainkan Suku Dayak Iban Sarawak.

“60 Orang Dayak Naik Pesawat #dayak #iban #kalimantan”, demikian judul video asli.

Diinformasikan bahwa mereka menumpangi pesawat Air Asia pada 30 April 2022 lalu dengan rute Miri, Sarawak ke Kota Kinabalu, Sabah Malaysia.

Dengan demikian, klaim yang mengatakan bahwa orang-orang yang merupakan warga negara China mulai berdatangan ke Indonesia untuk menghuni IKN baru adalah hoax.

Bagikan