Viral! Video Sebut Said Aqil Dibaptis di Gereja, Ini Faktanya

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang menyebut Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj telah dibaptis atas nama Yesus Kristus di sebuah gereja viral di media sosial.

Video yang menyebut Said Aqil dibaptis di gereja tersebut diunggah oleh kanal Youtube Cyber Ummat, seperti dilihat pada Selasa 11 Mei 2021.

Dalam tayangan video berjudul ‘Berita Terbaru – Said Aqil Dibaptis Atas Nama Yesus di Gereja’ tersebut, nampak berisi potongan video KH Said Aqil saat mengunjungi sebuah gereja.

Baca Juga: Mahfud MD Bilang Jokowi Tidak Bisa Dijatuhkan Karena Covid: Tak...

Selain itu, dalam cuplikan video tersebut juga terlihat sejumlah foto ustaz selain Said Aqil Siradj.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta situs Turnbackhoax.id klaim yang menyebut bahwa Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dibaptis di gereja adalah tidak benar atau hoaks.

Baca Juga: PT KAI Rugi Ratusan Miliar, Warganet Soroti Said Aqil: Komut...

Dilansir dari Medcom.id, video tersebut merupakan kunjungan Said di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun kunjungan Said itu dilakukan pascaledakan di depan gereja tersebut. Dalam kunjungannya, Kiai Said Aqil menyampaikan duka atas ledakan yang terjadi.

Melansir Beritasatu.com, kedatangan pengurus PBNU ke Gereja Katedral Makassar tersebut bertujuan memberikan dukungan moral untuk jemaat umat katolik di Makasar tidak down dan terus bersemangat membangun toleransi.

Baca Juga: Heboh Pidato Lawas Said Aqil: Imam Masjid, Khatib Harus dari...

Dalam kunjungan itu, PBNU memberikan bantuan kemanusiaan berupa uang tunai kepada korban bom Gereja Katedral Makasar.

“PBNU bersama warga NU mengutuk terhadap teror bom di Gereja Katedral Makasar ini, tidak usah takut hanya tetap meningkatkan kewaspadaan, tapi tidak usah takut mari kita rapatkan barisan semakin insaniyah semakin harmonis satu sama lain,” kata KH Said Aqil Siradj saat melakukan kunjungan ke gereja di Makassar tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim dalam video yang menyebut Said Aqil dibaptis di gereja tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, video itu merupakan kunjungan Said Aqil di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan Said itu dilakukan pascaledakan yang terjadi di depan gereja tersebut.

Bagikan