Waduh! Prabowo Gandeng Anies Baswedan Lengserkan Jokowi-Ma’ruf? Begini Faktanya

Terkini.id, Jakarta – Seperti diketahui, belakangan ini Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjadi perbincangan publik.

Berbagai kritikan datang dari berbagai arah. Mulai dari mahasiswa UI soal The King of Lip Services’, terkait PPKM, hingga yang terbaru soal muazin di unggahan media sosial Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, bahkan sejumlah kalangan pun menyuarakan agar Presiden Jokowi segera mundur dari kursi pemerintahan.

Baca Juga: Doakan Jokowi Mundur, Yahya Waloni: Paling Bagus Ma’ruf Duduk sebagai...

Nah, di tengah riuhnya permintaan mundur tersebut, beredar pula informasi bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah menggandeng Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk melengserkan presiden dan wakil presiden.

Dilansir terkini.id dari Seputartangsel pada Kamis, 22 Juli 2021, informasi itu menyebutkan bahwa Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, telah lengser dari kekuasaan pemerintahan sehingga kini kursi presiden pun diambil alih oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Baca Juga: Yahya Waloni: Kalau Mau Berjuang, Minta Jokowi dan Ma’ruf Bela...

Adapun informasi mengejutkan tersebut beredar melalui unggahan video di kanal YouTube MAHAKARYA CENDANA pada Rabu lalu, 14 Juli 2021.

Video yang diunggah di kanal tersebut bertajuk ‘VIRAL TERBARU ~ JOKOWI GAGAL SEBAGAI PRESIDEN, PRABOWO ANIES AMBIL ALIH PEMERINTAHAN~ NEWS’.

Sementara itu, narasi thumbnail yang tertulis dalam video YouTube adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Ahok dan Jokowi Reuni, Momen Wujudkan Petrokimia Nasional

“SERIMA TERIMA JABATAN. JOKOWI MA’RUF BENAR LENGSER. PRABOWO GANDENG ANIES AMBIL ALIH KEKUASAAN,” bunyi narasi video.

Namun, berdasarkan hasil penelusuran, tentu saja informasi yang mengklaim Prabowo Subianto dan Anies Baswedan telah mengambil alih kepresidenan adalah tidak benar alias hoax.

Faktanya, dalam video tersebut hanyalah membahas tentang kritikan terhadap Pemerintah terkait penanganan Covid-19 yang dianggap mengalami kegagalan.

Dari sumber-sumber resmi pemerintahan pun juga tak ditemukan adanya informasi yang mendukung kebenaran klaim unggahan video di kanal YouTube tersebut.

Sementara kanal YouTube MAHAKARYA CENDANA yang mengunggah video itu juga diketahui bukan lembaga pemberitaan resmi dan terdaftar serta tidak jelas siapa pihak yang bertanggung jawab di baliknya.

Oleh karena itu, sekali lagi dapat disimpulkan dengan tegas bahwa informasi yang mengklaim PrabowonSubianto dan Anies Baswedan yang telah mengambil alih kekuasaan adalah tidak benar alias hoax.

Bagikan