Masuk

Waduh! Viral Nasi Bungkus Reuni 212 yang Disebut Diludahi Sebelum Dibagikan, Benarkah?

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Jakarta – Baru-baru ini sebuah video viral di media sosial lantaran memperlihatkan nasi bungkus Reuni 212 yang disebut diludahi sebelum dibagikan kepada peserta.

Adapun video tersebut dibagikan oleh sebuah akun Twitter @bibi_lung1, di mana dalam narasinya ia menyebut bahwa nasi bungkus peserta Reuni 212 terlebih dahulu diludahi sebelum dibagikan.

Dalam video yang beredar, terlihat seorang pemuka agama dengan pakaian serba putih tengah mengaduk makanan dan meletekannya pada suatu wadah.

Baca Juga: Habib Bahar Bin Smith Kembali Ungkit Kasus Brigadir J dan KM 50

Kemudian di samping pemuka agama tersebut ada dua orang lainnya. Seorang memegang wadah makanan, sementara satunya lagi terlihat sedang dalam posisi agak membungkuk.

“Nasbung (nasi bungkus) Buat Reuni Kadrun diludahin dulu sama korlap Modyar Kowe,” demikian narasi yang ditulis, dikutip terkini.id via Twitter pada 7 Desember 2021.

Lantas, benarkah hal tersebut?

Baca Juga: Polri Sebut Koperasi Syariah 212 Dapat Aliran Dana ACT, Novel: Kami Tidak Ada Kaitannya!

Dilansir terkini.id dari turnbackhoax via Voi, rupanya peristiwa membagikan makanan itu sebenarnya terjadi di India, bukan Indonesia.

Lalu dari salah satu hasil pencarian dengan video yang identik, Alt News menyebutkan jikalau ulama dalam video meniup makanan, bukannya meludahi.

“Ada sebagian masyarakat yang mengikuti ritual ini. Bahkan di daerah lain, beberapa jemaah meminta Dum (air yang ditiup setelah pembacaan ayat-ayat Alquran),” jelas turnbackhoax.

“Ini untuk Barkat (kemakmuran) dan kesejahteraan. Ini untuk memberikan Fatiha setelah makanan disiapkan.”

Baca Juga: Wagub DKI Jakarta Memprioritaskan JIS Hanya Untuk Kegiatan Olahraga

Oleh karena itu, video ritual meniup makanan yang dibagikan akun dengan narasi yang tidak sesuai fakta itu adalah hoax.

Dalam artian, tak ada hubungannya dengan aksi Reuni 212 yang digelar beberapa waktu lalu di Indonesia.