Wagub Sulsel Sebut Pembukaan Jalan Terisolir Langkah Strategis Atasi Kemiskinan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) se-Sulsel Tahun 2018, di Hotel Gammara Makassar, Rabu 12 Desember 2018. /Nasruddin

Terkini.id — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) se-Sulsel Tahun 2018, di Hotel Gammara Makassar, Rabu 12 Desember 2018.

Rakor tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jufri Rahman. Rakor tersebut membahas mengenai percepatan pemberantasan kemiskinan di Sulsel.

Andi Sudirman mengatakan, sesuai peraturan Permendagri 42 Tahun 2010 tentang Tim TKPK mengamanatkan Gubernur untuk bertanggungjawab terhadap pelaksanaan percepatan penanggulangan kemiskinan di Provinsi.

Salah satu langkah strategis untuk mengatasi kemiskinan, iya membuka jalan terisolir serta menyasar penduduk miskin level petani dan masyarakat desa.

“Keyakinan kita ketika kesenjangan terjadi maka populasi mayoritas kita sebagai petani di Sulsel menjadi penyumbang kesenjangan. Ketika melihat ke petani maka infrastruktur wilayah, disentralisasi pembangunan melalui penciptaan pusat ekonomi baru, dan sistem irigasi adalah bagian dari apa yang mereka tunggu,” jelas Andi Sudirman.

Untuk mendukung program-program dan arah kebijakan berpihak pada pengentasan kemiskinan. Maka perlu kita mendapat data BPS yang update terus data yang ril, dan juga memberikan data per semester dan memberikan masukan terhadap arah kebijakan-kebijakan dengan menghubungkan yang mana penyebab utamanya.

“Kita berharap kebijakan penanggulangan kemiskinan merupakan sebagai gerakan bersama dan tentunya tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah saja tetapi juga memerlukan keterlibatan semua pihak agar memperhatikan kondisi masyarakat di wilayahnya dan mempunyai data kemiskinan dengan mengacu pada BDT untuk pemutakhiran secara berkala sesuai ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bantaeng

Pelabuhan Ekspor Akan Dibangun di Bantaeng

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah membeberkan, akan dibangun pelabuhan ekspor di Kabupaten Bantaeng.Hal itu disampaikan Nurdin Abdullah ketika memberikan sambutan pada
Bantaeng

Bantaeng Raih Dua Penghargaan dari OJK

Terkini.id, Bantaeng - Pemerintah Kabupaten Bantaeng meraih dua penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sabtu, 26 Oktober 2019. Penghargaan itu diserahkan pada acara Expo Literasi