Wakil Gubernur Sulsel Buka Festival Kopi

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membuka festival Kopi Nasional bertemakan “Indonesia Coffee For The World”, di Hotel Claro Makassar, Senin 15 Oktober 2018. /Nasruddin

Terkini.id — Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membuka festival Kopi Nasional bertemakan “Indonesia Coffee For The World”, di Hotel Claro Makassar, Senin 15 Oktober 2018.

Berbagai jenis kopi dari beberapa daerah di Sulsel dipamerkan pada festival kopi, termasuk arabika Toraja, Kopi Bone-Bone Enrekang dan sejumlah kopi dari Kabupaten/Kota di Sulsel.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah mengodok agar seluruh jenis kopi dari Sulsel dapat dikenal luas di Indonesia maupun di luar negeri.

Menurutnya, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian Sulsel, tercatat hanya ada satu jenis kopi dari Sulsel yang tercatat di Kementerian Perindustrian RI.

“Yang tercatat di pusat itu hanya Arabika, mungkin bisa ditambahi Robusta juga masuk, karena Sulsel memiliki sekitar 30-40 ribu jenis kopi,” kata Andi Sudirman.

Lanjut dia, sejauh ini hanya Kopi Toraja yang paling dikenal, namun sesungguhnya banyak jenis kopi di Sulsel, setiap jenis kopi memiliki cita rasa tersendiri.

Olehnya itu, Ia mengharapkan agar Kementerian Perindustrian dapat mengupdate, sehingga kopi arabika dan robusta masuk komoditas unggulan dari Sulsel.

Pada kegiatan itu, turut hadiri Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Perindustrian RI, Musdhalifah Machmud dan sejumlah duta besar dari berbagai negara.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bantaeng

Pelabuhan Ekspor Akan Dibangun di Bantaeng

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah membeberkan, akan dibangun pelabuhan ekspor di Kabupaten Bantaeng.Hal itu disampaikan Nurdin Abdullah ketika memberikan sambutan pada