Wakil Rakyat Ini Ajak Umat Islam Bersatu di Tengah Perbedaan dan Pluralisme

Anggota DPRD Provinsi Sulsel M Rajab

Terkini.id — Anggota DPRD Provinsi Sulsel M Rajab melakukan Safari Ramadan dengan mengunjungi beberapa desa di Kabupaten Luwu Utara sambil bersilaturahmi dalam memperkuat ukhuwah islamiyah.

Di hari ke 19 Ramadan 1439 H, Wakil Ketua Komisi E tersebut menjadi imam sekaligus penceramah dalam ibadah salat Isya dirangkaikan dengan salat Tarawih di Masjid Nurul Haq Desa Lantang Tallang Kec. Masamba Luwu Utara, Senin 4 Juni 2018.

Dalam pemaparannya, Ketua IKA UNCP/STKIP Palopo itu mengambil tema “Islam dan Harmonisasi Kehidupan Sosial”.

Dikatakannya, Islam dalam pusaran arus globalisasi informasi dihadapkan pada tantangan kemajemukan, pluralisme, dimana pegangan umat berdasarkan Kitab Suci Al Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW menjadi sangat penting untuk terus dipelajari, dan diamalkan tidak sekedar dibaca.

“Tak ada yang menyamai mukjizat Rasulullah SAW yakni kitab suci Al Qur’an yang meskipun turun dalam beberapa abad yang lampau, tapi dalil dalil dan ilmu yang terkandung di dalamnya masih sangat relevan di tengah perubahan dunia yang begitu cepat, sehingga umat Islam tak boleh meninggalkan pedoman yang sudah diatur dalam wahyu ilahi tersebut,” ucapnya.

Menarik untuk Anda:

Dalam konteks kekinian, sebut Rajab, beberapa kasus bom dan terorisme yang sedikit banyak menodai citra Islam sangat bertentangan dengan ajaran Islam itu sendiri, dimana dalam Al Qur’an sendiri disebutkan bahwa Islam sebagai rahmatan lil alamin, pemberi rahmat bagi seluruh umat manusia (yang majemuk) yang fitrahnya sama di mata Sang Pencipta, kecuali kadar keimanan dan ketakwaannya, pungkas M Rajab.

Dalam Safari Ramadannya ini, Rajab menegaskan bahwa perbedaan adalah sesuatu yang sangat manusiawi, Islam pun mengajarkan umatnya untuk saling menghargai dan menjadikan perbedaan sebagai modal membangun kekuatan kita sebagai bangsa yang beradab, bersatu padu, yang pada akhirnya membuat bangsa Indonesia disegani bangsa-bangsa lain, harapnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Beredar Foto Jokowi Sebut Banser Besanan dengan PKI, Ini Faktanya

Kerap Dimaki Atasan dengan Sebutan Bencong, Kasat Sabhara Blitar Mundur dari Polri

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar