Wanita Perlu Hati-hati, Ini 5 Bahaya Fatal Terlalu Sering Pakai Lipstik

Ilustrasi wanita pakai lipstik

Terkini.id – Dari sekian banyak peralatan make up yang dimiliki wanita, lipstik adalah salah satu make up wajib yang biasanya akan mudah ditemukan pada tas make up disamping bedak atau tabir surya.

Lipstik sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri kaum hawa karena bisa membuat warna bibir menjadi lebih menarik dari biasanya.

Lipstik memang memiliki banyak sekali manfaat bagi para wanita. Namun, di balik manfaatnya juga tersembunyi bahaya fatal jika terlalu sering digunakan.

Apa saja bahaya fatal tersebut? Dilansir dari laman Hello Sehat, berikut deretannya.

1. Menyebabkan bibir menjadi menghitam

Meskipun pada dasarnya kebanyakan lipstik memang diproduksi untuk mengubah warna dari bibir agar menjadi lebih menarik, namun ternyata kondisi penggunaan lipstik yang tidak tepat dapat menyebabkan munculnya gangguan ini.

Ya, bibir dapat menjadi hitam dan juga akan menyebabkan wajah anda akan terlihat menjadi sangat pucat. Kondisi menghitamnya bibir ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena pengendapan dari pigmen warna yang dimiliki oleh lipstik itu sendiri.

Lipstik yang terlalu sering digunakan, tanpa dibersihkan terlebih dahulu, akan menyebabkan pigmen warna dari lipstik menjadi mengendap, dan pada akhirnya akan menjadi penyebab bibir hitam.

2. Dapat menyebabkan alergi

Ternyata, menggunakan lipstik juga dapat membahayakan, karena dapat menyebabkan munculnya alergi. Ya, alergi pada bagian bibir ini akan muncul, terutama apabila kandungan pigmen dan juga bahan kimia lainnya yang terkandung di dalam lipstik tersebut tidak dapat diterima oleh sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Hal ini akan menyebabkan bibir menjadi terasa gatal dan juga menjadi pecah – pecah, yang pada akhirnya malahan akan membuat penampilan anda menjadi tidak menarik lagi.

3. Waspada kandungan merkuri pada kosmetik

Salah satu kandungan yang berbahaya yang terkandung dalam produk kosmetik, tak terkecuali dari lipstik adalah kandungan merkuri.

Biasanya, kandungan merkuri ini ada pada produk lipstik dan juga produk kecantikan lainnya yang merupakan produk tiruan dari merk tertentu, alias merk yang palsu.

Kandungan merkuri ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. hal yang paling penting yang dapat terjadi karena kandungan merkuri ini adalah dapat menyebabkan kanker.

4. Terdapat kandungan methylparaben

Kandungan lainnya yang dapat menyebabkan munculnya bahaya pada lipstik adalah kandungan methylparaben. Bahan ini merupakan salah satu kandungan bahan yang banyak terdapat pada beberapa merk liptik, yang mungkin juga sudah anda kenal.

Bahan methylparaben ini ternyata berbahaya, karena dapat meningkatkan resiko penggunanya terserang kanker, sama seperti kandungan merkuri yang sudah kita bahas sebelumnya.

5. Dapat menyebabkan gangguan reproduksi

Dalam lipstik juga terkadang memiliki kandungan retinyl palmitate. Kandungan zat kimia ini ternyata, selain dapat menyebabkan kanker, juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem reproduksi wanita.

Maka dari itu, bagi anda para ibu hamil, cobalah untuk menggunakan liptik yang tidak memiliki kandungan retinyl palmitate, agar bisa tehindar dari gangguan reproduksi, yang mungkin dapat membahayakan janin anda.

Komentar
Terkini