Wow Warga Makassar Butuh 114 Ribu Rumah Baru

Kebutuhan rumah terus meningkat
Kebutuhan rumah terus meningkat

Terkini.id, Makassar – Pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Makassar mendorong meningkatnya kebutuhan akan tempat tinggal. Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Makassar menyebut, warga Makassar masih butuh 114 ribu rumah.

Jumlah ini didasarkan pada jumlah rumah tangga dan jumlah rumah yang tersedia saat ini. Dinas Perumahan menghitung jumlah rumah tempat tinggal di Kota Makassar sampai tahun 2018 sebanyak 243.685 unit. Sementara jumlah keluarga atau rumah tangga di Kota Makassar lebih 350 ribu.

“Banyak pasangan yang sudah menikah masih tinggal bersama orang tua. Ada juga yang masih ngontrak,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Makassar Hamka, Jumat 18 Januari 2019.

Rumah warga Makassar beragam bentuknya. Mulai dari rumah sederhana sampai dengan rumah mewah. “Dalam satu rumah bisa dihuni dua sampai tiga kepala keluarga,” kata Hamka.

Kurangnya lahan membuat harga rumah di Kota Makassar melonjak drastis. Warga yang berpenghasilan rendah pun terpaksa memilih hunian murah yang jauh di Kabupaten Maros atau Kabupaten Gowa.

“Solusi yang ditawarkan di Makassar adalah bangunan vertikal. Pemerintah bangun rumah susun untuk warga, tapi kembali lagi lahannya yang sulit,” kata Hamka.

Bantuan Uang Muka

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Makassar Hamka

Hamka mengatakan, warga Makassar yang berniat membeli rumah di Kabupaten Maros, Gowa, atau Takalar bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman perumahan dari pemerintah. Banyak sekali program, seperti bantuan uang muka dan diskon cicilan.

“Warga juga bisa beli rumah subsidi,” kata Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar ini.

Dinas Perumahan Kota Makassar memiliki tugas berkoordinasi dengan pengembang perumahan, agar membangun kawasan pemukiman yang murah dan berkualitas untuk masyarakat.

“Pemerintah tidak bisa bangun dan jual rumah. Selalu bekerja sama dengan pihak ketiga,” kata Hamka.

Kependudukan Kota Makassar Menurut BPS

Kota Makassar
Kota Makassar

Penduduk Kota Makassar berdasarkan proyeksi penduduk BPS Kota Makassar tahun 2017 sebanyak 1.489.011 jiwa. Terdiri atas 737.146 jiwa penduduk laki-laki dan 751.865 jiwa penduduk perempuan.

Dibandingkan dengan proyeksi jumlah penduduk tahun 2016, penduduk Kota Makassar mengalami pertumbuhan sebesar 1,32 persen dengan masing-masing persentase pertumbuhan penduduk laki-laki sebesar 1,43 persen dan penduduk perempuan sebesar 1,36 persen.

Sementara itu besarnya angka rasio jenis kelamin tahun 2017 penduduk laki-laki terhadap penduduk perempuan sebesar 98. Kepadatan penduduk di Kota Makassar tahun 2017 mencapai 8.471 jiwa/km2 dengan rata-rata jumlah penduduk per rumah tangga empat orang.

Kepadatan penduduk di 15 kecamatan cukup beragam dengan kepadatan penduduk tertinggi terletak di Kecamatan Makassar dengan kepadatan sebesar 33.751 jiwa/km2 dan terendah di Kecamatan Tamalanrea sebesar 3.563 jiwa/km2.

“Jumlah rumahtangga mengalami pertumbuhan sebesar 2,96 persen dari tahun 2016,” kata Kepala BPS Kota Makassar Ari Prihandini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini