Waspada, 5 kebiasaan ini bisa langsung merusak Hp Anda

Waspada, 5 kebiasaan ini bisa langsung merusak Hp Anda. (foto/segiempat.com)

Terkini.id, – Salah satu alat komunikasi yang saat ini sudah sangat dikenal di masyarakat mulai dari kalangan paling bawah sampai teratas yakni Gadget atau Smartphone.

Fungsi smartphone memang sudah bisa dikatakan sebagai perangkat yang setara dengan komputer baik itu PC atau pun laptop.

Fungsi-fungsi itu seperti, internet, gaming, mengerjakan dokumen, berkirim email, chating, streaming, dan lain sebagainya yang mana sebelum adanya smartphone, semua itu hanya bisa dikerjakan pada PC atau laptop saja.

Inilah yang membuat smartphone menjadi semakin diminati karena masalah fleksibilitas dan fiturnya yang memang cukup kompleks. Di mana pun anda berada, selama masih terhubung dengan internet, maka anda pun tetap bisa berkomunikasi, bahkan bisa juga untuk meremote komputer kantor melalui smartphone anda.

Berbicara mengenai fleksibilitas dari smarpthone, tentunya anda benar-benar harus menjaga dengan baik smartphone anda ini. Perangkat yang hanya seukuran genggaman tangan ini memang terbilang cukup rentan.

Nah, dilansir dari segiempat, berikut ini 5 kebiasaan yang sering anda lakukan dan tanpa anda sadari bahwa kebiasaan tersebut bisa langsung merusak smartphone anda.

1. Membiarkan media penyimpanan penuh dan sesak

Ilustrasi. (foto/lintasteknologi.com)

Hal yang mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang anda lakukan adalah dengan membuat media penyimpanan di smartphone terlalu sesak atau penuh.

Setiap smartphone memiliki batasan media penyimpanan, khususnya untuk yang internal, yang biasanya hanya maksimal sampai 128GB, itu pun untuk smartphone kelas flagship dengan harga jual setara dengan sebuah motor matic 150cc yang baru.

Kalau media penyimpanan di smartphone Anda terlalu penuh dan sesak, maka itu akan membuat kinerja dari smartphone menjadi menurun dan lambat.

 

2. Tidak mengupdate sistem dan aplikasi

Ilustrasi. (foto/smartponsel.id)

Smartphone dengan platform seperti Android, biasanya akan memberikan notifikasi untuk update aplikasi atau sistem secara berkala. Kalau notifikasi tersebut sudah muncul, maka anda sebaiknya segera melakukan update tersebut.

Update tersebut bertujuan untuk menutupi bug atau kerusakan dari aplikasi versi sebelumnya, sehingga saat anda menggunakannya bisa lebih baik lagi.

Begitu pula dengan pembaruan sistem yang biasanya langsung dari vendor smartphone tersebut. Tapi, kalau smartphone anda sudah pernah di root, maka fitur pembaruan sistem ini biasanya tidak akan bekerja lagi.

3. Mendownload aplikasi sembarangan

Ilustrasi. (foto/techno.id)

Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia saat ini, yang bisa dengan mudah untuk di download tentunya itu memang akan sangat membantu. Apalagi kalau memang aplikasi tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang sedang anda geluti.

Akan tetapi, anda sebaiknya jangan asal install aplikasi, apalagi kalau bukan dari sumber yang terpercaya. Karena, aplikasi yang sumbernya tidak jelas seperti itu, bisa membuat smartphone anda kerasukan virus atau malware, yang dampaknya bisa membuat smartphone langsung rusa.

4. Membuat smartphone berkerja terus menerus (non stop)

Ilustrasi. (foto/okezone.com)

Seperti yang telah ditulis pada paragraf awal di atas, di mana smartphone itu bisa disetarakan juga dengan sebuah komputer (PC atau laptop), yang mana kalau anda terus-menerus menggunakannya tanpa pernah mematikannya, maka akan membuatnya cepat rusak.

5. Membiarkan suhu smartphone panas

Ilustrasi. (foto/segiempat.com)

Hal yang harus anda perhatikan di sini adalah suhu dari smartphone. Di dalam smartphone ini terdapat perangkat elektronik kecil yang mana kalau semua itu bekerja dengan maksimal, maka akan menghasilkan suhu panas. Kalau sampai terlalu panas, bisa-bisa semua komponen yang ada di dalamnya itu hangus dan terbakar.

Hal yang biasanya membuat smartphone menjadi overheat seperti ini adalah bermain game dengan kualitas grafis yang sangat berat, menonton video streaming, melakukan video streaming, menggunakan di bawah terik matahari, atau pun menggunakan smartphone tersebut secara nonstop (24 jam) dengan charger yang terus menerus melekat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekobis

Telkomsel Sebar Kebahagiaan di Akhir Tahun

Terkini.id, Makassar - Telkomsel kembali menghadirkan Roadshow Natal dan Tahun Baru (Naru) 2019 yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kepada 2.000 anak
Bisnis

Kalla Aspal Rayakan HUT ke-31 Tahun

Terkini.id, Makassar – 31 tahun yg lalu, tepatnya pada 07 Desember 1998 Kalla Group mendirikan Kalla Aspal yang menjadi Perusahaan Agen Aspal Curah dari