Waspada, 5 makanan ini bisa merusak kinerja otak Anda

Waspada, 5 makanan ini bisa merusak kinerja otak Anda. (foto/codecheck.info)

Terkini.id, – Teh hijau, bluberi, dan biji-bijian adalah makanan yang paling dikenal dan telah terbukti dapat meningkatkan kinerja otak. Namun dilansir menshealth, studi menunjukkan, ada juga beberapa makanan yang dapat menurunkan kinerja organ tersebut.

Peneliti menunjukkan, beberapa makanan yang memiliki potensi yang besar untuk menurunkan kinerja otak. Dilansir dari terselubung, berikut info 5 makanan yang dapat menurunkan kinerja otak.

1. Agave

Agave. (foto/pxhere.com)

Agave adalah pemanis yang memiliki kadar fruktosa yang tinggi. Inilah penyebab agave lebih manis dari pada gula pasir. Sayangnya, kadar fruktosa yang tinggi itu juga dapat mengurangi fungsi otak.

Studi pada tikus yang dilakukan Universitas di Los Angeles, University of California mengungkap fruktosa dapat melemahkan gerakan dan daya ingat.

Tikus yang diberi makanan yang tinggi fruktosa berjalan lebih lambat dan memiliki kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang diberi makan asam lemak omega-3.

2. Popcorn microwave

Popcorn microwave. (foto/codecheck.info)

Lemak trans banyak terkandung di makanan Popcorn micrrowave. Lemak ini sangat buruk bagi otak dan membahayakan jantung dengan meningkatkan lapisan serta peradangan di pembuluh darah.

Diketahui dari studi tahun 2011, orang usia lanjut yang memiliki pola makan tinggi lemak trans memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah di kemudian hari dan memiliki otak yang lebih kecil daripada mereka yang tidak.

3. Omelet putih telur

Putih telur. (foto/teen.co.id)

Jika tidak memakan kuning telur dari putih telur, Anda akan kehilangan nutrisi yang paling penting, yaitu kolin.

Orang dewasa yang makan lebih banyak kolin dalam diet mereka memiliki kemampuan verbal dan visual yang lebih baik dalam tes ingatan dibandingkan dengan mereka yang kurang. Hal tersebut dijelaskan oleh sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition.

4. Biskuit dan keripik

Keripik. (foto/pasundanradio.com)

Dalam studi yang menganalisa tentang kebiasaan ngemil, orang yang memakan camilan tidak sehat lebih dari tiga kali seminggu, seperti permen, keripik, dan biskuit dapat membuat kemampuan kognitif menurun, kurang konsentrasi, dan perhatian.

Banyak lemak yang dapat menyebabkan kelelahan dan ketidakwaspadaan terkandung di camilan-camilan tersebut, hal itu dikatakan oleh sebuah studi penelitian.

5. Tuna

TUna. (foto/dfrcollection.com)

Tuna memang menyehatkan kerana mengandung banyak asam lemak omega-3, namun sayangnya, ikan ini juga mengandung logam berat merkuri.

Kadar merkuri tertinggi menurut sebuah studi, ada pada aliran darah orang-orang yang banyak memakan ikan yang mengandung banyak merkuri.

Hasil tes kognitif pada kelompok ini juga rata-rata 5 persen lebih buruk daripada kelompok lainnya. Karena itu, pililah makanan laut yang rendah merkuri seperti salmon, sarden, dan ikan putih.

Berita Terkait
Komentar
Terkini