Waspada Bahaya Kesehatan Bagi Pengguna Ponsel

Ilustrasi

Terkini.id – Perkembangan teknologi komunikasi saat ini semakin pesat. Hal ini terbukti dengan beredarnya beberapa produk alat komunikasi di masyarakat, salah satunya handpone atau ponsel.

Awalnya kita hanya mengetahui alat ini berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi ternyata bisa berakibat fatal bagi kesehatan kita. Banyak diantara kita tidak mengetahui bahwa ponsel yang kita gunakan dapat mengirimkan gelombang elektromagnetik ke dalam tubuh kita.

Sesungguhnya setiap ponsel memiliki spesifikasi ukuran banyaknya energi gelombang mikro yang dapat menembus ke dalam bagian tubuh seseorang tergantung pada seberapa dekat ponsel dengan kepala. Paling tidak kurang lebih sebanyak 60 persen dari radiasi gelombang mikro yang diserap dan menembus di bagian kepala.

Ponsel merupakan alat komunikasi dua arah dengan menggunakan gelombang  radio yang dikenal dengan radio frequensi (RF), dimanapun kita melakukan panggilan, suara akan ditulis dalam sebuah  kode tertentu kedalam gelombang radio dan selanjutnya diteruskan melalui antena ponsel menuju ke base station terdekat dimana kita melakukan panggilan.

Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi dan banyak kontroversi dari berbagai kalangan tentang keamanan dalam menggunakan ponsel.

Radiasi yang terdapat dalam ponsel tersebut dapat menganggu kesehatan manusia khususnya pada bagian kepala dan sekitaran telinga.

Gangguan ini berasal dari jaringan listrik tegangan tinggi yang dapat menyebabkan sistem darah, reproduksi, saraf, kardiovaskular, endokrin, psikologis, hipersensitivitas dan sebagainya.

Efek yang ditimbulkan telepon seluler tidak hanya berdampak pada si pengguna handpone, tetapi juga mempengaruhi orang yang berdiri di sekitar.

Oleh karena itu, perlu hati-hati menggunakan Hp, karena menggunakan Hp secara terus-menerus misalnya 5-18 tahun atau lebih akan beresiko lebih tinggi terkena kanker luekemia atau kanker pankreas serta juga dapat menyebabkan penurunan jumlah produksi sperma sampai 80 persen.

Komentar

Rekomendasi

Ini Cara Menghindari Virus Corona ala Johns Hopkins University, Kampus yang Sudah Prediksi Covid-19 di RI

Berikut 7 Tips Menghindari Stres Saat Karantina di Rumah

Berikut 7 Tips Menghindari Stres Saat Karantina di Rumah di Tengah Wabah Corona

Gambar Ini Menunjukkan Mengapa Cuci Tangan Harus 30 Menit

Direktur RS Batara Siang Pangkep Imbau Masyarakat Tak Panik Terkait Virus Corona

Bubbling Plus Surprise: Inovasi Produk Kesehatan Kini Hadir Di Kota Makassar

Pasien Virus Corona Bisa Sembuh Meski Belum Ada Obatnya, Asalkan…

Kemenkes Beberkan Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Corona Masuk ke Indonesia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar