Waspada Demam di Musim Hujan, Kenali Penyebabnya

Demam
Ilustrasi

Terkini.id – Seseorang dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas suhu tubuh normal yang berkisar antara 36.5° C-37.2° C. Hampir setiap orang pernah mengalami demam, namun sedikit sekali orang yang memahami mengapa dan bagaimana terjadinya demam.

Demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi/zat asing yang membahayakan tubuh (misalnya: bakteri, virus, jamur, sel-sel kanker dan sebagainya).

Suhu tubuh yang tinggi ini akan merangsang aktivitas tentara tubuh kita (sel makrofag dan sel limfosit T) untuk menerangi zat asing tersebut dan meningkatkan proses eliminasi zat asing atau penyembuhan luka pada tubuh.

Demam dapat dikatakan sebagai keadaan yang menguntungkan. Pertama meningkatkan respon imun (sistem kekebalan tubuh) terhadap penyakit.

Kedua, dapat dipakai sebagai alat bantu diagnosis, karena penyakit tertentu dapat menyebabkan pola demam tertentu pula. Pengobatan pada penderita demam tidak cukup dengan menurunkan suhu tubuhnya saja, tetapi perlu dicari dan diobati penyebabnya.

Demam
Ilustrasi Demam

Pada pengeloan penderita demam, pemeriksa laboratorium diperlukan untuk membantu dokter memastikan diagnosis penyebab demam agar pengobatan lebih tepat.

Baca :Banjir Promo ‘Hari Ayah’ di House of Dura, Diskon Hingga 50 Persen

Panel Demam merupakan kumpulan beberapa pemeriksa laboratorium yang bertujuan mendiagnosa dengan cepat beberapa perubahan tubuh dan penyebab penyakit yang sering mengenai seseorang, seperti :

Penyakit-penyakit infeksi:

– Penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri salmonella tyiphii dapat dideteksi dengan pemeriksa WIDAL dan GAL KULTUR.

– Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue dapat dideteksi dengan pemeriksaan IgG/IgM anti dengue.

– Pemeriksaan terhadap penyakit malaria dilakukan dengan pemeriksaan malaria (mikroskopik).

– Infeksi pada ginjal/saluran urune dapat dideteksi dengan pemeriksa urine rutin.

Pemeriksaan CRP dipakai juga sebagai penanda adanya infeksi secara umum. Pemeriksaan dapat mendeteksi berbagai jenis bakteri penyebab demam, namun perlu diketahui pemeriksaan ini memerlukan waktu yang agak lama.

Demam
Ilustrasi Demam pada anak

Peradangan:

Misalnya Leukemia, pemeriksaan HEMATOLOGI RUTIN dengan otomatisasi dapat menunjang diagnosis penyakit ini.

Penyakit Jaringan Sendi:

Misalnya demam rematik akut, dideteksi dengan pemeriksaan ASTO.

Artikel ini telah terbit di Majalah Makassar Terkini