Waspada Diabetes Melitus Pada Anak, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Diabetes
Ilustrasi gejala Diabetes pada anak. (foto: drbeurkens.com)

Terkini.id – Diabetes Melitus sering diidentikkan sebagai penyakit orang usia lanjut. Hal tersebut dikarenakan rata-rata pengidapnya berusia di atas 50 tahun.

Namun belakangan ini diketahui, Diabetes Melitus dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan status, termasuk anak-anak.

Diabetes tipe 1 pada anak adalah kondisi di mana pankreas tidak lagi menghasilkan insulin, sehingga anak memerlukan bantuan agar tetap hidup. Insulin yang hilang, bisa digantikan dengan memberikan suntik atau pompa insulin secara teratur.

Sebagai orang tua tentu saja tidak menginginkan hal tersebut menimpa buah hati kita. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan tentang penyebab, gejala, serta bagaimana cara pengobatan penyakit Diabetes Melitus.

Diabetes
Gejala Diabetes pada anak. (foto: slideshare.net)

Kenali Gejalanya

Menarik untuk Anda:

Gejala diabetes tipe 1 biasanya berkembang dengan cepat. Kenali  gejala-gejalanya seperti berikut:

1. Terjadi peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil. Kelebihan gula yang menumpuk di aliran darah anak akan membuat cairan ditarik ke jaringan. Hal ini akan membuat anak menjadi haus. Akibatnya anak minum dan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

2. Anak selalu merasa lapar. Karena tidak ada jumlah insulin yang cukup. Gula yang diasup tidak akan bisa masuk ke dalam sel. Akibatnya, organ akan kehabisan energi dan memicu rasa lapar yang terus menerus.

3. Penurunan berat badan. Peningkatan nafsu makan anak tidak sebanding dengan berat badannya. Tanpa adanya asupan energi dari gula, jaringan otot dan cadangan lemak akan menyusut. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan seringkali menjadi gejala pertama yang diperhatikan.

4. Anak-anak menjadi mudah lelah dan lesu. Hal ini disebabkan sel-sel sangat kekurangan asupan gula.

5. Anak menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Anak-anak dengan diabetes tipe 1 yang belum terdiagnosis, seringkali menjadi mudah marah atau tiba-tiba menjadi murung kesal.

6. Penglihatan yang kabur. Jika gula darah anak terlalu tinggi, maka cairan dapat ditarik dari lensa mata, sehingga mempengaruhi kemampuan anak untuk bisa fokus dan jelas.

7. Infeksi jamur. Adanya infeksi jamur pada alat kelamin bisa menjadi tanda pertama dari diabetes tipe 1 pada anak perempuan.

8. Pada bayi dan anak-anak yang masih kecil, gejala diabetes tipe 1 terlihat dari adanya infeksi jamur yang mengakibatkan ruam popok parah. Jauh lebih buruk dari sekedar merah, bengkak, dan ruam kulit biasa. Kelesuan dan sakit perut juga mengindikasikan gejala diabetes tipe 1.

Diabetes
Ilustrasi gejala Diabetes pada anak. (foto: hellosehat.com)

Cara Pencegahan dan Pengobatan

Mengobati diabetes tipe 1 memerlukan komitmen seumur hidup. Selain pemantauan kadar gula darah harus dilakukan secara rutin.

Hal ini dilakukan untuk mencegah anak terkena hipoglikemia (kadar gula berdarah yang terlalu rendah) atau hiperglikemia (kadar gula berdarah yang terlalu tinggi) akibat penggunaan insulin yang tidak tepat. Keduanya bisa memicu komplikasi diabetes. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Penulis : Dian Megawati Safitri

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kenali, Hipertensi Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung, Stroke dan Kematian

7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar