Makassar Terkini
Masuk

Waspadai Krisis Pangan, Jokowi Tegaskan Jaga Pasokan Pangan dan Distribusi

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya menjaga ketersediaan pasokan pangan di Indonesia. Hal ini dikarenakan krisis pangan sedang melanda sejumlah negara di dunia.

“Kita pun harus hati-hati dan harus waspada terhadap yang namanya krisis pangan, jangan sampai terjadi di negara kita Indonesia,” kata Jokowi, seperti dilansir Kompas, Kamis, 11 Agustus 2022 kemarin.

“Oleh sebab itu, menjaga pasokan pangan wajib (dilakukan),” lanjutnya.

Selain pasokan pangan, presiden juga menegaskan pentingnya menjaga distribusi pangan agar tidak terjadi ketimpangan antardaerah di Indonesia.

Sebab, ketimpangan pangan dapat mengakibatkan harga pangan ikut meningkat.

Karena itu, Jokowi mendorong para petani untuk mulai menanam komoditas pangan yang dapat menjadi substitusi bahan pangan impor.

“Misalnya, urusan gandum, ini gandum di kita ini bisa dicampur dengan cassava, dicampur misalnya sorgum, dicampur dengan sagu. Saya kira ini akan sangat mengurangi impor kita,” jelas Jokowi.

Presiden pun menegaskan pentingnya menjaga nilai inflasi bahan pangan agar tetap stabil sehingga tidak menurunkan daya beli masyarakat.

“Menjaga inflasi bahan makanan, bahan pangan, harus dijaga inflasinya sehingga kenaikan harganya tidak memberatkan daya beli masyarakat,” pungkasnya.