Wendell Barry dan Nyanyian Aliran Sungai

MASYARAKAT adalah sebuah sistem yang: (1) rumit; (2) hidup: dan (3) berubah-ubah.
Oleh larena itu, pembangunan masyarakat selalu berada di dalam ketidak-pastian, yang mungkin sekali menghasilkan kebingungan bagi perencana dan pelaksana kebijakan pembangunan.

Kata Warren Bennis, seorang kawakan di bidang Manajemen Perubahan: “If you are not confused, you don’t know what is going on.”

Jika Anda tidak bingung, Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi.

Kebingungan adalah bagian dari proses perubahan yang tidak dapat dihindari, tetapi dapat diantisipasi sebagai hal yang wajar.

Adalah wajar bahwa membangun sebuah bangsa berarti siap masuk ke kolam kebingungan.

Jika air kolamnya dingin, lebih baik mencemplungkan diri kedalamnya ketimbang memasukinya perlahan-lahan. Di sana hanya ada dua pilihan: selamat atau tenggelam.

Dari kewajaran itu muncul pelajaran warna-warni bagaikan nyanyian yang mengasyikkan.
Kata pujangga kawakan, Wendell Barry:
“Adalah mungkin bahwa ketika kita tidak lagi tahu apa yang harus dilakukan, itulah saatnya kita tiba pada pekerjaan yang sebenarnya; dan ketika kita tidak tahu harus berjalan ke arah mana, itulah awal perjalanan kita yang sebenarnya. Pikiran yang tidak terhambat adalah pikiran yang tidak digunakan. Sungai yang terhambat alirannya adalah sungai yang bernyanyi.”

Renungan: Jika kebingungan adalah bagian dari sumber pembelajaran, di manakah posisiku?

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Resolusi untuk Mereka yang Kalah

MARAH, sedih, dan tertawa adalah tiga gejala yang lumrah dialami setiap orang dalam perjalanan hidupnya.Sepanjang sejarah para ilmuwan telah berusaha memahami penyebab dari tiga
Opini

Mengenang Kisah Klasik Ramang

Hari ini 24 April, 95 tahun silam, sosok mungil PSM Makassar yang kemudian melegenda terlahir ke dunia. Ramang.Cerita manis buah lolosnya Timnas Indonesia ke
Opini

Jaga Citra Indonesia dengan Pemilu Jurdil

Terkini.id,Makassar - Berbicara tentang Indonesia tentu berbicara tentang banyak kelebihan dan kebanggan bagi bangsa, bahkan bagi umat dan dunia. Betapa tidak, negeri ini memiliki
Opini

Pemilu 7 Tahap di India

DEMOKRASI memang mahal. Tapi lebih mahal lagi kalau 'Pemilu yang mahal itu tidak berkualitas'.Demi kualitas itu India tidak mau grusa-grusu. Pemilunya dibuat tujuh tahap.
Bola

Politik dan Sepak Bola (Revolusi Mental)

KALAU anda seusia saya mungkin masih ingat peristiwa kontroversial dalam Piala Dunia sepak bola tahun 1986.Publik sepakbola Inggris pastinya tidak akan pernah melupakan pertandingan