Wisata Medis ke Tiongkok, Liburan Sehat ala Traveler

Wisata Medis
Ilustrasi Wisata Medis

Terkini.id – Rubrik jalan-jalan kali ini memang agak lain. Kali ini kami mengajak Anda jalan ke Tiongkok, negara yang cukup dipercaya memiliki teknik pengobatan yang canggih.

Sudah sangat banyak orang indonesia yang berkunjung ke sana untuk melakukan pengobatan karena selain dokternya yang mahir, biayanya pun cukup murah bila dibandingkan dengan negara ini.

Kali ini jalan-jalan bersama H Zulkifli Gani Ottoh, Ketua PWI Sulsel, yang menemani keluarganya berobat ke Tiongkok. Memang tidak banyak orang dapat mengetahui gejala dini terhadap gangguan penyakit ginjal.

Terkadang kita menganggap sepele bilamana merasakan nyeri-nyeri di sekitar pinggang. Bahkan, kurang peduli bila melihat warna dan penurunan jumlah air seni dari hari ke hari.

Paling fatal lagi, apabila kita pasrah saat mendengar keputusan dokter, bahwa harus cuci darah, karena ada gangguan di ginjal.

Demikian pula yang dialami oleh dua orang keluarga saya. Keduanya mengidap penyakit ginjal, namun satu sama lainnya tidak sama dalam penanganan proses pencangkokan di rumah sakit Taiping tersebut.

Ada yang langsung dioperasi di cangkok atau ditransplantasi, adapula yang harus mengikuti proses pencucian darah 1-3 kali. Stok ginjal cukup banyak, hampir setiap minggu tenaga medis rumah sakit ini melakukan operasi transplantasi ginjal.

Antrian pasien untuk masuk ke ruang operasi pada hari yang terjadwal 3 sampai 15 orang.

Agar penanganan operasi transplantasi lancar, sebaiknya sebelum ke China, kirim terlebih dahulu data terakhir kondisi ginjal. Sejumlah data teknis dan pengetahuan tentang pasien gagal ginjal, banyak saja peroleh dari Prof Gao Wei.

Professor yang memimpin rumah sakit transplantasi. Persiapan data yang sangat diperlukan adalah  pengambilan darah untuk tes pra. Bila pra rendah dan negatif, menandakan level anti body tidak tinggi. Dengan demikian, operasi transplantasi dapat dilakukan.

Tidak semua ginjal dapat dipilih. Harus terlebih dahulu diperiksa HLA, test darah, apakah cocok. HLA donor dan penerima harus sama, sehingga tidak terjadi penolakan, dan ginjal yang telah ditransplantasi dapat bertahan lama.

Terpenting dari semua ini adalah setiap pasien harus bermental tinggi, artinya tidak perlu cemas dan stress.

Tiongkok
Tiongkok

Biaya

Biaya untuk transplantasi ginjal di rumah sakit Taiping tidak tergolong mahal. Besar kecil pembiayaan, semua tergantung dan fasilitas yang dipilih oleh pasien.

Berbagai pembiayaan dapat dipersiapkan, seperti visa China Rp500.000,- tiket pesawat pergi pulang Rp3,7 juta, airportax Rp100.000,- dan fiscal Rp1 juta.

Khusus untuk biaya transplantasi ginjal dan fasilitas perawatan bervariasi. Kita bebas memilih. Semua tergantung dari jenis fasilitas yang dipilih. Misalnya, ruang perawatan, obat-obatan dan tarif ginjal. Ginjal yang murah, berasal dari donor oleh masyarakat setempat.

Sedangkan ginjal yang mahal, adalah ginjal yang telah dipersiapkan jauh sebelumnya oleh rumah sakit. Misalnya, ginjal dari seorang yang sebelum diambil ginjalnya, terlebih dahulu dirawat berbulan-bulan. Kesehatan terhadap donor ginjal merupakan perhatian utama.

Untuk mengetahui tanda-tanda gagal ginjal, antara lain mudah letih, terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki, tangan dan sekitar mata.

Selain itu, tubuh tidak mampu untuk menyimpan atau membuang cairan. Akibatnya, zat beracun makin bertambah dan dibarengi dengan penurunan produksi sel darah merah (Anaemia). Dalam keadaan seperti ini, biasanya setiap hari merasa mual dan nafsu makan drastis menurun, serta tekanan darah tidak normal.

Ada tiga solusi penyrmbuhan yang biasa dilakukan dokter untuk pasien gagal ginjal. Antara lain, cuci darah, cuci perut dan transplantasi ginjal. Namun, menurut Prof Gao Wei, hanya transplantasi ginjal yang paling ekonomis.

Mungkin karena jarang terulang dalam hitungan tahun. Unik dan istimewanya rumah sakit Taiping ini, karena dapat menjamin 100% terhadap semua pasien yang ditransplantasi ginjalnya.

Artinya, apabila selama masa perawatan ada pasien yang setelah ditransplantasi ginjalnya, terjadi penolakan dalam tubuh, maka pasien akan dijamin dengan menggantikan ginjalnya, serta gratis semua biaya perawatan dan pengobatan.

Tiongkok
Ilustrasi pengobatan Tiongkok

Transpalantasi

Menurut Prof Gao Mei, ginjal yang cocok akan dicangkokkan atau ditransplantasi di luar lapisan membran pelindung perut. Ginjal baru ini akan di sambungkan ke kantung air seni.

Ginjal baru tersebut akan membaur dengan sel tisu sekelilingnya. Ginjal ditransplantasikan jauh dari usus, sehingga pasien tidak perlu merasa cemas terhadap gangguan sistem pencernaan.

Biasanya, pada hari kedua dan ketiga, pasien sudah dapat duduk. Bahkan, maaf, buang angin di hari ketiga. Artinya, pertanda usus-usus telah mulai berfungsi normal.

Dan pasien sudah dapat makan bubur, sup kaldu ayam dan kaldu daging sapi, serta buah yang telah diencerkan. Hindari makanan yang dapat membuat tubuh alergi, seperti udang, kepiting, cumi-cumi dan beberapa jenis ikan laut (seafood).

Pada hari ke lima dan ke enam, biasanya pasien sudah dapat berjalan. Khusus berjalan ini sangat di anjurkan oleh dokter, semata-mata untuk mencegah infeksi paru-paru, sekaligus membantu penyembuhan luka setelah operasi.

Pasien penderita gagal ginjal dapat disembuhkan total setelah transplantasi. Kedua orang keluarga saya, sekarang ini dapat menjalani kehidupan seperti layaknya orang sehat. Tuhan telah memperlihatkan kebesarannya!

Penulis : H. Zulkifli Gani Ottoh

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Komunitas

Komunitas Moto X Lakukan Baksos

Terkini.id, Sidrap - Komunitas Sulawesi Moto X yang menggelar Touring di Taman Wisata Malino juga menggelar aksi sosial. Komunitas ini juga berbagi sembako pada