Yasmib Fasilitasi Penyelesaian Tata Tertib dan Rencana Kerja BPD Panaikang

YASMIB Sulawesi melalui “Program Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender” kerjasama Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) dengan tema “Finalisasi Peraturan Tata Tertib (Tatib) dan Rencana Kerja (Renja) BPD Desa Panaikang”, di Baruga Sayang, Desa Panaikang, Pangkep

Terkini.id, Pangkep – YASMIB Sulawesi melalui “Program Desa Melek Anggaran untuk  Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender” kerjasama Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) dengan tema “Finalisasi Peraturan Tata Tertib (Tatib) dan Rencana Kerja (Renja) BPD Desa Panaikang”, di Baruga Sayang, Desa Panaikang, Pangkep.

Tujuan dari kegiatan ini ialah adanya draft Peraturan Tata Tertib dan draft Rencana Kerja BPD Desa Panaikang untuk ditetapkan oleh Ketua BPD sebagai acuan kerja dari BPD di desa.

Ketua BPD M. Syukur mengatakan, BPD Desa Panaikang sangat mendukung kegiatan ini karena dengan adanya tatib dan renja BPD akan memperkuat tugas dan fungsi BPD.

“Kami juga berterima kasih kepada YASMIB Sulawesi, Seknas FITRA dan Kompak yang menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Syukur, Senin 26 Agustus 2019.

Dia berharap draft TATIB dan RENJA ini bukan sekedar draft. Tetapi BPD mengimplementasikan isi dari draft tersebut. Sehingga tugas dan fungsi BPD lebih terlihat di desa.

“Penyusunan Draft TATIB dan RENJA BPD harus sesuai dengan amanah UU Desa serta kondisi yang ada di Desa khususnya Desa Panaikang. TATIB dan RENJA ini akan menjadi acuan dari BPD untuk melaksanakan tugas dan fungsinya di desa,” kata Pendamping Lokal Desa, Abdullah.

Sebelumnya telah dilakukan kegiatan Sekolah Anggaran Desa Penguatan Kapasitas Bagi BPD dan Kepala Desa pada tanggal 28 – 29 Juni 2019 di Mattampa Inn Pangkep.

Salah satu output dari kegiatan tersebut, adanya masukan terhadap draft Peraturan Tata Tertib BPD dan rumusan Rencana Kerja BPD.

Pada kegiatan tersebut melahirkan rekomendasi dan rencana tindak lanjut untuk melakukan finalisasi dan penetapan draft Peraturan Tata Tertib dan Rencana Kerja BPD.

Berita Terkait
Komentar
Terkini