Yasmib Sulawesi Bikin Sekolah Anggaran Desa untuk Kepala Desa

Yasmib Sulawesi bekerjasama dengan Seknas Fitra dan KOMPAK membuat Sekolah Anggaran (Sekar) Desa bagi Anggota BPD dan Kepala Desa di Pangkep
Yasmib Sulawesi bekerjasama dengan Seknas Fitra dan KOMPAK membuat Sekolah Anggaran (Sekar) Desa bagi Anggota BPD dan Kepala Desa di Pangkep

Terkini.id, Pangkep – Yasmib Sulawesi bekerjasama dengan Seknas Fitra dan KOMPAK membuat Sekolah Anggaran (Sekar) Desa bagi Anggota BPD dan Kepala Desa.

Desa yang dilibatkan berasal dari tiga kecamatan. Desa Mattiro Baji dan Mattiro Uleng diKecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Desa Panaikang dan Kabba di Kecamatan Minasatene, Desa Padanglampe dan Pitusunggu di Kecamatan Ma’rang.

Kegiatan digelar di Aula Mattampa Inn Pangkep, 28 – 29 Juli 2019. Sebagai fasilitator Direktur Yasmib Sulawesi Rosniaty Azis dan Masyita Syam.

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang fungsi dan tugas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
  2. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang kedudukan dan kelembagaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pemerintahan desa.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang tahapan dan cara penyusunan peraturan tata tertib Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
  4. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang tahapan dan cara penyusunan Rencana Kerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Narasumber kegiatan sekolah anggaran desa

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Ibu dr.Hj.Herlina MM (Asisten I Setda Kabupaten Pangkep) dengan materi “Penguatan BPD Menuju Desa Mandiri Di Kabupaten Pangkep”.

Narasumberkeduayaitubapak DR. Abdul Gaffar, Kepala Bappeda Kabupaten Pangkep dengan materi “Sinkronisasi Perencanaan Desa dan Daerah”. Narasumber ketiga yaitu Abdul Haris Has Kepala Dinas DPMD Kabupten Pangkep dengan materi “Fungsi dan Peran BPD”.

Respons peserta yang ikut dalam kegiatan ini sangat luarbiasa. Peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini karena proses penguatan kapasitas seperti ini dapat membantu dan memperkuat mereka dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai BPD.

Melalui kegiatan SEKAR DESA ini warga bisa mengetahui tentang cara penyusunan Tata Tertib BPD, penyusunan rencana kerja BPD, dan cara pembentukan posko aspirasi warga.

Dengan adanya posko aspirasi warga, diharapkan masyarakat dari semua lapisan baik laki-laki, perempuan, lansia, disabilitas dan kelompok rentan lainnya dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung.

“Terkait pelaksanaan pembangunan di desa,” kata Masita dalam rilisnya kepada Makassar Terkini, Senin 1 Juli 2019.

Selainitu para peserta juga mengusulkan Kepada Dinas PMD Kabupaten Pangkep dapat melakukan kegiatan penguatan BPD dengan melibatkan semua anggota BPD di KabupatenPangkep.

Pada sesi terakhir, para peserta juga berkesempatan mendiskusikan dikumen Ranperbup tentang BPD  dan memberikan beberapa masukan khususnya terkait mekanisme komunikasi dan koordinasi antar lembaga di desa, mekanisme sanksi bagi anggota BPD, dansebagainya.

Peserta juga menyepakati terbentuknya Forum Komunikasi BPD dengan Tim sebagai berikut :

  1. M. Anas meawkili BPD wilayah kepulauan
  2. Rahmatia mewakili BPD wilayah pegunungan
  3. H.Kamiluddin mewakili BPD wilayah dataran

Adapun rencana tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu :

  1. Finalisasi dan Pengesahan Draft Tata Tertib BPD
  2. Finalisasi dan Pengesahan Draft Rencana Kerja BPD
  3. Pelaksanaan dan Pengelolaan Aspirasi Masyarakat.
Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Pemkab Gowa Peringati Harhubnas, Begini Harapan Muchlis

Terkini.id,Gowa - Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis mengatakan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) harus dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali kinerja-kinerja yang telah dilakukan.
Gowa

Ini Cara Pemkab Gowa Cegah Masalah Hukum Perdata

Terkini.id,Gowa - Sebagai bentuk pendampingan atas semua program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, pihaknya menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa untuk melakukan penandatanganan dua nota kesepakatan