Yayasan Jantung Inspiratif bangun aplikasi untuk warga Pulau Lanjukang

Yayasan Jantung Inspiratif bangun aplikasi untuk warga Pulau Lanjukang

Terkini.id, Makassar – Yayasan Jantung Inspiratif yang mengusung misi sosial dan pemberdayaan masyarakat Pulau Lanjukang, resmi berdiri di kota Makassar.

Acara lounching Yayasan Jantung Inspiratif yang didirikan oleh beberapa mahasiswa ini berlangsung di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jalan HIA Saleh Daeng Tompo. Jumat, 16 Maret 2018.

Sebelum resmi berdiri di Makassar, yayasan ini awalnya telah berdiri sejak 2 tahun lalu di kota Malang, tepatnya pada tanggal 24 Desember 2016.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Yayasan Jantung Inspiratif, Rahima Rahman.

“Untuk Makassar sendiri baru saja didirikan tahun ini. Kami tergabung dari beberapa mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia dan dari disiplin ilmu berbeda-beda,” ungkap Rahima.

Mahasiswi Fakultas Perikanan Unhas ini juga memaparkan, program awal Yayasan Jantung Inspiratif adalah program Pulau Garis Depan berbasis Aplikasi.

“Saat ini kami sedang membangun aplikasi itu untuk pulau Lanjukang Makassar, karena di pulau ini masih sangat kurang akses informasi, pendidikan, dan kesehatan. Kami juga sedang membangun sekolah untuk 21 anak di pulau itu,” jelasnya.

Suasana jalannya acara launchig program Yayasan Jantung Inspiratif

Lanjut Rahima, karena kurangnya akses informasi mengenai kondisi pulau Lanjukang, melalui aplikasi tersebut, Yayasan Jantung Inspiratif nantinya dapat menginformasikan kondisi dan kebutuhan pulau Lanjukang kepada khalayak publik agar dapat segera mendapatkan bantuan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pembina Yayasan Jantung Inspiratif, Moh Zuber Syamsuddin dan perwakilan Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Hadarasi Razak.

“Saya harap Yayasan Jantung Inspiratif ini dapat menjadi ‘kiblat’ bagi mahasiswa Indonesia agar turut bergerak di garis terdepan bagi masyarakat,” ucap Zuber Syamsuddin.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Hadarasi Razak

Sementara itu, dr Hadarasi Razak memberi apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Jantung Inspiratif.

“Program dari yayasan ini adalah niat yang sangat mulia untuk masyarakat pulau Lanjukang. Pulau ini memang memiliki beberapa masalah, seperti akses komunikasi dan informasi. Kalau mengenai kesehatan, pulau Lanjukang masuk dalam akses puskesmas Barrang Lompo,” ujarnya.

Karena program dari yayasan ini berbasis aplikasi, ia pun menyarankan kepada Yayasan Jantung Inspiratif untuk membangun koneksi ke Dinas Kominfo Makassar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini