Yuk ke Mamuju, Ada Tempat Wisata Baru Pantai Beringin Cinta

Pantai Beringin Cinta
Pantai Beringin Cinta. (foto/terkini.id)

Terkini.id, Mamuju – Setelah perayaan hari lebaran dan bersilaturahmi ke sanak saudara, warga biasanya memilih memanfaatkan hari liburnya berkunjung ke tempat wisata. Tak terkecuali warga Kabupaten Mamuju.

Masyarakat yang ada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, biasanya memilih wisata pantai dan laut karena suasana pantai dan laut dirasa tepat oleh warga setempat mengisi liburan bareng keluarga, khususnya di momen libur lebaran.

Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi warga Mamuju saat ini adalah tempat wisata baru yang lokasinya terletak di Desa Bonda’ Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju. Destinasi baru ini bernama Pantai Beringin Cinta.

Selain sebagai sarana mengisi liburan, pantai ini juga cocok buat melepas penat akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan.

Pantai Beringin Cinta Mamuju Sulbar/ Herman Kambuna

Pantai Beringin Cinta (masyarakat setempat menyebutnya dengan nama “Pantai Benci”), bisa jadi salah satu pilihan menarik, karena banyak pohon beringin yang bisa menjadi spot instagramable buat berfoto bareng keluarga, seperti landscape photography yang sangat sayang jika dilewatkan.

“Saya baru ke sini juga pergi ke pantai yang baru buka. Banyak pengunjungnya karena masih murni dan belum terlalu diexplore,” kata salah satu pengunjung, Asrianti Putri Lestari yang akrab disapa Zainab.

Zainab mengatakan objek wisata alam di Kabupaten Mamuju ini belum banyak dijalajahi lebih jauh oleh wisatawan.

Di Pantai ini kita bisa mempraktikkan landscape photography dengan memotret pemandangan alam pantai agar hasil jepretan terlihat bagus dan menarik.

Pengunjung perlu mempertimbangkan momen yang tepat untuk memotret. Misalnya ketika saat matahari terbit atau tenggelam dan jika cuaca sedang cerah.

Pantai Benci terletak di Desa Bonda, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Dinamakan Pantai Benci karena phon beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia.

Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat.

Sesajian juga sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang juga menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi.

Namun hal itu tidak terjadi di Desa Bonda. Setelah diresmikan oleh Bupati Mamuju, Pantai Benci menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi, apalagi saat momen penting seperti Lebaran.

Pohon beringin di Pantai Beringin Cinta, Mamuju. / Herman Kambuna

Pantai Beringin Cinta diharapakan mendongkrak perekonomian warga setempat

Desa Bonda adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Papalang yang masih jarang dikenali masyarakat Indonesia, khususnya warga di Sulawesi Barat.

Untuk menuju pantai yang indah dan masih segar ini, dari Kabupaten Mamuju, Anda dapat mengarahkan tujuan ke arah pedalaman Papalang, Jaraknya butuh waktu sekitar 60 menit menggunakan kendaraan motor.

Di tempat ini juga, pemerintah daerah setempat pernah menggelar Safari untuk memperkenalkan objek wisata yang masih belum booming ini.

Safari yang digelar oleh Pemda tersebut mengusung tema “Sehari Berbakti Untuk Rakyat atau Sahabat Rakyat”. Kegiatan itu sendiri dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 5-6 Mei 2018 lalu.

Hadirnya destinasi baru ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian bagi perputaran ekonomi masyarakat setempat.

”Saya kira pantai ini memang perlu kita kembangkan sebagai salah satu destinasi wisata. Karena disini pantainya sangat menjanjikan. Kalau wisatawan datang, perputaran ekonomi di sini juga bisa semakin baik,” terang Bupati Mamuju, Habsi Wahid.

Berita Terkait
Komentar
Terkini