Makassar Terkini
Masuk

5 Makanan ini Sering Dikonsumsi Tapi Punya Resiko Timbulkan Penyakit Berbahaya Bagi Tubuh

Terkini.id, Jakarta – Tanpa disadari, makanan dengan resiko menimbulkan penyakit berbahaya sering kali masuk ke tubuh kita.

Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit kronis.

Dilansir dari berbagai sumber, lima makanan ini kerap kali menjadi konsumsi wajib bagi orang-orang namun tidak mengetahui resiko yang ditimbulkan, berikut daftar lima makanan tidak sehat yang sering dikonsumsi;

1. Es Krim

Anda mungkin menjadi salah satu yang suka dengan es krim sebagai teman santai anda. Namun, tanpa disadari, keseringan mengonsumsi es krim bisa memicu penyakit berbahaya karena mengandung kalor, lemak jenuh dan gula yang sangat tinggi.

2. Daging Olahan

Makanan olahan daging seperti sosis, kornet, daging asap dan olahan daging lainnya masuk dalam daftar makanan tidak sehat yang memicu timbulnya penyakit kronis.

Jika dikonsumsi berlebihan, daging olahan berisiko menimbulkan berbagai penyakit, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. 

3. Kue Manis dan Biskuit

Kue manis dan biskuit juga termasuk makanan tidak sehat yang sebaiknya dihindari. Selain mengandung banyak tepung olahan, makanan ini umumnya juga mengandung gula dan lemak jenuh yang tinggi.

Sebagai penggantinya, pilihlah beragam camilan sehat yang mengandung lebih banyak nutrisi, seperti kacang almond, edamame, buah-buahan, dan yoghurt rendah lemak.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau atau junk food memang memiliki rasa yang lezat, tapi jenis makanan tidak sehat ini tinggi kalori dan rendah nutrisi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau sering, makanan siap saji dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, diabetes, penyakit jantung, atau bahkan kanker.

5. Jeroan

Jeroan termasuk makanan yang bergizi jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup, namun sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan, akan beresiko menimbulkan penyakit berbahaya.

Ini karena jeroan banyak mengandung kolesterol jahat (LDL) dan purin. Makanan ini bahkan perlu dijauhi oleh orang yang menderita asam urat, kolesterol tinggi, dan penyakit kardiovaskular.