Masuk

Bahaya Nitrogen Cair Dalam Jajanan Ice Smoke

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Belakangan ini ice smoke merupakan salah satu jajanan unik yang digemari oleh anak-anak.

Jajanan ini ramai di beli karena harga yang di tawarkan tidak menguras kantong. Jajanan murah meriah ini dijual mulai dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000 per porsi.

Terlebih lagi, jajanan ice smoke ini tampak menarik karena kita akan merasakan sensasi memakan ciki dengan varian warna-warni yang dingin karena di semprot menggunakan nitrogen cair.

Baca Juga: Dititip di Penitipan Anak, Bocah 5 Tahun Tewas di Selokan, Begini Kronologisnya

Namun belum lama ini, jajanan tersebut menyebabkan seorang anak mengalami luka bakar saat dikomsumsi.

Kasus seorang bocah berusia sekitar 5 tahun berinisial AFT,  warga Desa Bajang,  Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur,  mengalami luka bakar usai membeli ice smoke.

Terkait dengan kasus bocah terbakar, ahli Taksiologi dari Universitas Indonesia Dr. rer. nat (Doktor Ilmu Sains) Budiawan mengatakan “sebenarnya nitrogen cair tidak bisa menyebabkan kebakaran secara tiba-tiba tanpa adanya pemicu lainnya”. Dikutip dari Kompas.com pada Senin 18 Juli 2022.

Baca Juga: Bocah 3 Tahun Penyandang Disabilitas Ditemukan Tewas di Dalam Kulkas

Lebih lanjut, “jika tertelan dapat menyebabkan kerusakan internal (organ tubuh) yang parah,  menghancurkan jaringan di mulut  dan saluran pencernaan,  dan ada juga resiko pernapasan, terutama yang mungkin bermasalah bagi mereka yang menderita asma”. Ungkapnya.

Ia juga nenambahkan,  mengutip dari info Badan POM (SDA) AS, dinyatakan kepada konsumen serta pengecer untuk berhati-hati dalam menjual atau menangani produk makanan termasuk sereal warna-warni dengan menambahkan nitrogen cair.

Demikian pula untuk minuman yang beralkohol dan non alkohol yang menggunakan nitrogen cair yang mengeluarkan kabut ataupun asap.