Beredar Kabar Penyanyi Bondan Prakoso Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Bondan Prakoso
Unggahan foto meme sebut penyanyi Bondan Prakoso meninggal dunia. (Facebook Tya Tya)

Terkini.id, Jakarta – Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa penyanyi Bondan Prakoso meninggal dunia. Kabar tersebut menyertakan tulis Rest In Peace (RIP) pada foto pelantun lagu ‘Ya Sudahlah’ itu.

Kabar tersebut dibagikan pengguna Facebook Tya Tya pada Senin 23 November 2020. Dalam unggahannya, ia melampirkan foto Bondan Prakoso dengan tulisan RIP.

“Pack buck,” tulis Tya Tya di narasi unggahanya.

Netizen pun mengartikan istilah RIP itu dengan makna bahwa mantan personel grup band Funky Kopral tersebut telah meninggal dunia.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta seperti dilansir dari Tim Cek Fakta Liputan6.com, Selasa 24 November 2020, kabar meninggalnya Bondan Prakoso adalah tidak benar alias hoaks.

Menarik untuk Anda:

Dari hasil penelusuran di Google terkait foto meme yang diunggah Tya Tya tersebut, ditemukan beberapa artikel yang menjelaskan mengenai meme tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul “Heboh, Muncul Meme Bondan Prakoso Meninggal Dunia” yang dimuat situs Liputan6.com pada 21 Desember 2017 silam.

Dalam isi artikel itu, disebutkan bahwa meme Bondan Prakoso dengan tulisan RIP itu sebelumnya telah diunggah oleh pengguna Instagram takbirmalik.

Foto tersebut dibuat dengan efek hitam putih. Alhasil, banyak orang mengira foto itu bertujuan untuk mengumumkan kematian Bondan Prakoso lantaran RIP merupakan singkatan dari “Rest In Peace” yang artinya beristirahatlah dengan tenang.

Namun ternyata, “RIP” itu merupakan judul lagu Bondan Prakoso bersama Fade 2 Black yang merupakan singkatan dari “Rhyme In Peace”.

Lagu itu dirilis Bondan Prakoso bersama Fade 2 Black pada 2007 silam.

Lagu “Ryhme In Peace” tersebut didedikasikan untuk beatmaer Fade 2 Black yang meninggal dunia pada 2006.

Adapun lirik dalam lagu itu menggambarkan arti sebuah persahabatan dan kekeluargaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kabar yang menyebut Bondan Prakoso meninggal dunia dengan narasi foto meme RIP adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, tulisan “RIP” dalam meme unggahan Tya Tya tersebut bukanlah bermakna Rest In Peace, melainkan judul lagu Bondan Prakoso bersama Fade 2 Black yakni Rhyme In Peace.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Warga Sulbar Diguncang Gempa, Fahri Hamzah Minta Mensos Risma Segera Turun Tangan

Habib Ali Assegaf Wafat, Rizieq Shihab: Beliau Berikan Secarik Kertas yang Harus Saya Amalkan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar