Bisa Dicoba, Diet Jelly Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Repot

Terkini.id, – Banyak cara dilakukan orang untuk menurunkan berat badan berlebih, salah satunya yang bisa dicoba adalah diet jelly atau agar-agar.

Diet jelly diyakini ampuh menurunkan berat badan tanpa perlu repot, hanya perlu makan jelly atau agar-agar selama melakukan diet ini.

Jelly atau agar-agar mengandung tinggi serat sehingga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mencegah menyantap makanan berlebih.

Agar bisa efektif menjalankan diet jelly perlu dipastikan bahwa jelly yang kita gunakan adalah rendah kalori dan tanpa gula. Jelly yang dibuat bubuk mengandung sekitar 65 kalori, selain itu bebas lemak.

Mengapa Jelly Bisa Efektif untuk Diet?

Di dalam jelly atau agar-agar mengandung gelatin yang tinggi protein dan serat dari rumput laut, selain itu mengandung pigmen fucoxanthin yang dapat meningkatkan kinerja metabolisme di dalam tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Food Chemistry memperkuat metode diet ini dengan menemukan bahwa kandungan alginat didalam jelly dapat memperlambat lemak dalam usus hingga 75 persen.

Agar-agar atau jelly  digunakan sebagai pengganti camilan di sela waktu makan untuk mengganjal perut. Kita harus tetap perlu mengontrol asupan kalori dan mengatur porsi makan harian sementara menjalani diet jelly.

Diet jelly selain dapat membantu menurunkan berat badan juga bermanfaat baik untuk pencernaan.

Kandungan serat dan glisin dalam jelly atau agar-agar membantu memperlancar pencernaan. Gelatin yang ada didalamnya juga dapat merangsang produksi asam lambung dan enzim-enzim pencernaan lain agar mempermudah makanan bergerak dalam saluran pencernaan.

Mengonsumsi agar-agar dapat membantu tubuh kita dari risiko masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Pencernaan yang sehat dan baik membantu tubuh lebih efektif mengatur dan menyimpan energi serta cadangan lemak.

Studi tahun 2002 mengungkapkan bahwa glisin dapat mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Selain itu, mengonsumsi jelly atau agar-agar dapat membantu tubuh bisa tidur dengan nyenyak.

Kandungan glisin dalam jelly adalah sejenis asam amino yang dapat meningkatkan stamina sehingga kita tidak mudah capek dan mengantuk pada siang hari. Glisin juga membantu tubuh kita untuk tidur lebih nyenyak karena asam amino tersebut membantu merangsang otak untuk melepaskan hormon melatonin atau hormone ngantuk dalam jumlah yang lebih banyak dan stabil sepanjang malam.

Sayangnya agar-agar atau jelly termasuk makanan yang minim gizi lain sehingga tidak bisa mengonsumsi hanya makanan tersebut untuk kebutuhan harian tubuh. Kita bisa mengalami kekurangan gizi jika hanya mengonsumsi jelly setiap hari.

Akibatnya jika kita tidak mengatur pola makan dengan tambahan makanan lainnya dan hanya mengonsumsi jelly, tubuh akan mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Untuk memastikan jelly yang kita konsumsi rendah gula, sebaiknya membuat sendiri di rumah untuk tujuan diet. Jelly yang dijual dipasaran biasanya tinggi gula, apalagi jika diolah dengan santan dan susu, tidak akan membantu kita menurunkan  malah akan membuat bertambah naik berat badan.

Gunakan jelly tanpa rasa yang minim kalori dan gula dan jangan tambahkan gula, jika ingin dimakan dengan buah bisa menambahkan potongan buah sebagai topping.

 

Bagikan