Bro, Jangan Remehkan Ciplukan, Ini ‘Kesaktian’ nya Bagi Kesehatan

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Ciplukan (dok. Pribadi)

Terkini.id, Makassar-Bro, jangan remehkan keberadaan tanaman perdu satu ini. Pasalnya selama ini dianggap gulma ternyata tanaman yang keberadaannya mulai terasing ini, ternyata memiliki berbagai ‘kesaktian’ bagi kesehatan.

Yoi, bro nama sama buah disebut ciplukan. Padalah di desa-desa merupakan buah alam yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma alias gratis. Tumbuhan dengan nama Physalis angulata ini bisa didapatkan secara gratis di berbagai tempat, terutama di kebun warga atau di area persawahan. Ini karena tumbuhan satu ini tumbuh subur di area lembab.

Berbeda ketika kita berada di kota, untuk mendapatkan tumbuhan satu ini sangat sulit, tergantikan oleh bangunan gedung dan betonisasi.

Seperti yang nampak pada foto ini, ciplukan ini berada disudut sebuah bangunan kantor Lingkungan Hidup dan Kehutanan beralamat di Jalan P. Kemerdekaan Km. 17 Makassar, Kamis, 19 Maret 2020. itupun kondisinya kurang mendapatkan perhatian serius, boleh jadi lantaran ciplukan dianggap tanaman gulma.

Sejauh pantauan penulis, pada lokasi tersebut dari sekian banyak tanaman obat keluarga, hanya menyisakan 1 (satu) jenis ciplukan dan itupun tempatnya dekat drainase.

Ciplukan (dokpri)

Buah ciplukan memiliki khasiat luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, apabila dikonsumsi secara teratur. Antara lain, mengobati gangguan jantung, selain itu ciplukan dimanfaatkan sebagai obat asma. Orang dengan epilepsi pun sangat dianjurkan mengkonsumsi gulma satu ini.

Selain dari pada itu ciplukan mampu mengobati penyakit kurap. Ditengah gencarnya Covid-19, dimana menurut berbagai sumber informasinya salah satu gejalanya panas atau demam. Tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan ciplukan untuk menurunkan demam, terutama buat buah hati tercinta, mom. Masalahnya, saat ini keberadaan ciplukan lenyap bak ditelan bumi.

Berikutnya, buah ciplukan mampu menurunkan tekanan darah tinggi, bagaimana cara meramunya, biar afdol googling saja ya.

Khususnya bagi kaum hawa kanker payudara sebagai penyakit yang mengerikan. Belakangan kanker payudara juga merambah ke kaum adam, toh demikian tidak ada salahnya mengobati kanker payudara memanfaatkan ciplukan.

Ciplukan juga bisa menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir. Khasiat lain ciplukan berguna buat menyadarkan orang pingsan, mengobati stroke, menambah kecerdasan, mengobati kencing manis atau diabetes.

Lantas, ciplukan juga mampu menghilangkan sakit persendian, menurunkan kolesterol juga mampu untuk menambah darah. Intinya bro, semua bagian dari tanaman ciplukan ternyata bisa dikonsumsi, salah satunya berkasiat sebagai penawar racun.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Akibat Informasi Hoax di Facebook dan Whatsapp Warga Memburu Bahan Pangan untuk Beberapa Hari

Antisipasi Corona, Peserta Seleksi Penerimaan Anggota Polri 2020, Polda Sulsel Laksanakan Verifikasi Online

Peduli Wabah Corona, Kerukunan Keluarga Bone Bagikan 690 Masker Gratis

Ada Apa, Seorang Pemuda di Amankan Unit Opsnal  Polres Gowa

YBM PLN Tetap Bantu UMKM Masyarakat di Tengah Wabah Covid-19 Bersama IZI Sulsel

UNM Berikan Keringanan Bagi Mahasiswanya Ditengah Pembelajaran Daring

Pemuda Malangke Lakukan Aksi Penyemprotan di Setiap Wilayah

Kapolres Gowa Lepas Secara Resmi BKO Brimob Polda Sulsel, Setelah Seminggu Bertugas

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar