Cak Imin Ungkap PKB Tak Berkutik Saat Gus Dur Lengser

Terkini.id, Jakarta – Ketua Umum Partai PKB, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mengungkapkan bahwa PKB tak berkutik saat Gus Dur lengser dari bangku presiden.

Hal ini diucapkannya dalam perayaan ulang tahun F-PKB ke-22 yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2021 di Gedung Pustakaloka, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 1 November 2021.

“Ada kala kita sangat bersyukur saat Gus Dur menjadi presiden di tahun 1999, tiba-tiba kita sangat tidak bisa berkutik saat Gus Dur turun dari kursi presiden,”ujar Cak Imin.

Baca Juga: Lily Wahid: Ferdinand Naksir Cewek Muslim, Mungkin Gegara itu Dia...

Meski singkat, Cak Imin mengaku saat itu PKB dan warga nahdliyin khususnya sangat bangga sebab Gus Dur dipercaya menjadi presiden pertama yang dipilih MPR pasca reformasi.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPR ini juga mengakui bahwa perjuangan dan tanggung jawab Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR sangat berat, menantang, namun menggairahkan.

Baca Juga: Adik Kandung Gus Dur Jadi Saksi Ferdinand Muallaf: Dia Bersyahadat...

Cak Imin juga mengatakan bahwa Taufiequrrachman Saleh, ketua Fraksi PKB pertama, dulunya merupakan pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kemudian, saat amandemen pertama hingga keempat UUD 1945, ada sosok almarhum Gus Yusuf Muhammad yang mengukir sejarah sehingga diberikan penghormatan dan penghargaan.

“Adalah figur yang bisa menggabungkan tantangan zaman sekaligus tanggung jawab konstituen, wabil khusus pesantren dan NU. Sampai hari ini yang tidak tertandingi adalah prestasi beliau dengan seluruh tokoh, memaksakan Pasal APBN 20% menjadi anggaran pendidikan nasional. Ini prestasi baik,” jelasnya.

Baca Juga: Adik Kandung Gus Dur Jadi Saksi Ferdinand Muallaf: Dia Bersyahadat...

Saat usulan ini diajukan, jalannya memang tidak mudah. Banyak ahli anggaran dan ekonomi yang mengkritisi usulan ini sebab dianggap terlalu memaksakan diri. MPR bersikeras tetap pada komitmennya.

“Tidak ada jalan lain kecuali melalui pendidikan. Alhamdulillah kita rasakan pendidikan jauh lebih baik dan mengalami berbagai kemajuan. Meskipun sekjen menkeu menghitungnya sangat sulit dan menyiasatinya tidak mudah, banyak anggaran pendidikan yang dititipkan, diklaim, itu proses,” pungkasnya.

Bagikan