Diberhentikan Dewan, Ini Pelanggaran Bupati cantik Jember Faida

Bupati cantik Jember, Faida. (Foto: Tribunnews)

Terkini.id, Jember – Bupati cantik Jember, Faida, diberhentikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember lewat Hak Menyatakan Pendapat (HMP). Faida dimakzulkan lantaran dianggap melakukan banyak pelanggaran.

Salah satu pelanggaran Bupati Jember menurut DPRD setempat yakni memutasi ratusan pejabat tidak sesuai ketentuan.

Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi, mengatakan dalam rapat paripurna yang digelar kemarin, dari total 45 anggota yang hadir semuanya sepakat untuk memakzulkan atau memberhentikan Bupati Jember.

“Ya karena banyak peraturan perundangan yang dilanggar bupati. Dari 11 November 2019, Mendagri berkirim surat tembusan yang isinya bupati banyak sekali melanggar di situ mulai dari sistem merit hingga ada ratusan pejabat tidak bisa naik pangkat karena kesalahan bupati,” kata Itqon dalam wawancara dengan tvOne, Kamis, 23 Juli 2020 seperti dikutip dari vivacoid.

Pertimbangan lainnya, menurut Itqon, yakni pada 2019 lalu Jember juga tak mendapatkan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil, yang tentunya menyangkut hajat hidup orang banyak.

Menarik untuk Anda:

Selain itu, DPRD Jember juga menilai tidak adanya itikad baik Bupati Faida untuk memperbaiki kesalahannya.

“Kami melihat mediasi sudah, hanya saja dalam undang undang pemerintahan daerah sebetulnya tindak lanjut dari hasil pemeriksaan itu hanya 60 hari, tapi ini sudah bulan Juli dari November 2019 kemarin. Artinya kalau memang ada itikad baik dari bupati untuk membuat kesalahan kami bisa memaklumi,” ujar Itqon.

“Tapi ini kan tidak ada itikad baik sehingga membuat kami di DPRD serba ragu utamanya dalam hal penganggaran, fungsi budgeting,” sambungnya

Maka dari itu, kata Itqon, DPRD Jember akhirnya memutuskan untuk melayangkan HMP guna memberhentikan Bupati Faida.

“Akhirnya kami tiba pada kesimpulan apa boleh buat Hak Menyatakan Pendapat kami layangkan dan seluruh anggota sepakat tanpa terkecuali memberhentikan Bupati Jember,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mundur dari KPK, Febri Diansyah Ungkap KPK Sudah Berubah

Ditanya Najwa Shihab soal Gelar ‘Perdana Menteri Indonesia’, Ini Jawaban Luhut

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar