Dikunjungi Kementerian Perindustrian BBIHP, Begini Harapan Walikota Palopo

Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir menerima langsung kedatangan Kementerian Perindustrian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar di Ruang Kerja Kantor Walikota Palopo, Rabu 25 September 2019.

Terkini.id, Palopo – Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir menerima langsung kedatangan Kementerian Perindustrian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar di Ruang Kerja Kantor Walikota Palopo, Rabu 25 September 2019.

Kedatangan BBIHP tersebut guna menjalin kerjasama terkait pengembangan industri yang berbasis  multi guna. Dengan sasaran komoditas unggulan seperti Kakao, Kopi, dan Kelapa Sawit yang saat ini menjadi perhatian khusus Kementrian Perindustrian BBIHP

Di kesempatan itu, Walikota  menyampaikan beberapa hal terkait potensi daerah di kota Palopo. Walikota juga meminta langsung  bimbingan secara menyeluruh khusus untuk pengolahan Kakao.

“Kami siap memfasilitasi  infrastrukturnya termasuk bangunan, peralatan dan sumber daya manusianya,” ungkap Walikota.

Selain Kakao, Walikota juga meminta hal yang sama terkait produk andalan kota Palopo yang cukup terkenal yakni potensi rumput laut. Dimana rumput laut tersebut diharapkan selain sebagai produk andalan juga mampu menghasilkan produksi olahan yang dapat menjadi ciri khas kota palopo.

Harapan Walikota Palopo disambut baik oleh pihak kementrian perindustrian. Melalui Kepala BBIHP, Tirta Wisnu Permana, mengatakan akan menindak lanjuti apa yang diharapkan orang nomor satu di Kota Palopo tersebut.

“Sudah menjadi tugas kami memfasilitasi penelitian, pengujian, pengembangan wirausaha baru, termasuk sertifikasi terhadap produk olahan,” ungkap Tirta Wisnu.

Ia juga menyampaikan hal hal yang akan dikerjasamakan dengan Pemerintah Kota Palopo akan menjadi bahan tindaklanjut pihaknys, sesuai dengan tupoksi BBIHP akan menfocuskan pengembangan pada sentra Kakao, pengembangan sistem integrasi berbasis komoditi rumput laut, dan  pengembangan CPO Kelapa Sawit.

“Alhamdulillah karena apa yang kami paparkan mendapat respon baik dari Walikota Palopo, dan kita berharap kerjasama kedepan ini akan menghasilkan sesuatu yang baik bagi Kota Palopo,” tandasnya.

Turut dalam rombongan BBIHP   Kepala Bidang Penilaian Kesesuaian BBIHP, Ransi Pasae, Asma Assa Selaku Peneliti BBIHP, dan Hardianzah Rahmat Staf Sertifikasi BBIHP.

Mendampingi Walikota pada pertemuan tersebut diantaranya Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr. dr. Ishaq Iskandar M. Kes, Kepala Dinas Perindustrian Palopo, Akkaseng, Kepala Dinas Perdagangan Palopo, Zulkifli, Kepala Dinas Pariwisata, Ilham, serta Kepala Dinas Koperasi, Dra. Munasirah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Palopo

Pemkot Palopo Apresiasi Gelaran Semantik Uncok

Terkini.id, Palopo - Universitas Cokroaminoto (Uncok) Palopo Fakultas Teknik Komputer menggelar seminar nasional teknologi informasi dan komputer (Semantik) yang digelar di Aula Universitas Cokroaminoto Palopo