Dipimpin Heru Dewanto, PII Pusat Gelar Rakor Online Pengurus

PII
Ketua Umum PII Ir. Heru Dewanto memimpin Rakor Online Pengurus PII Pusat

Terkini.id, Jakarta – Rapat koordinasi (Rakor) Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat dan Badan Kejuruan se-PII berlangsung melalui Zoom Meeting Application hari ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum PII Dr. Ir. Heru Dewanto, IPU.

Ir. Heru menyampaikan beberapa agenda yang didiskusikan dalam rapat koordinasi kali ini antara lain progress program penyetaraan SKA dan SIP yang merupakan hasil MOU antara PII dan LPJK, update status kegiatan Indonesian Accreditation Board of Engineering Education terkait usaha akreditasi internasional, update status pengembangan Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) online melalui platform Sistem Manajemen Informasi Persatuan Insinyur Indonesia (SIMPONI) dan beberapa points of discussion yang berkembang selama sesi tanya jawab.

Ir. Heru dalam paparannya memberikan update terkait usaha PII di dalam mengupayakan Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP) menjadi syarat utama bagi para tenaga ahli keinsinyuran untuk proyek-proyek konstruksi di bawah naungan kementerian teknis seperti kementerian PUPR, ESDM, Perhubungan dan kementerian terkait lainnya.

Sertifikasi Insinyur Profesional oleh UU 11/2014 dikenal sebagai sertifikat kompetensi insinyur sebagai prasyarat untuk mendapatkan ijin praktek profesi keinsinyuran yang oleh UU 11/2014 dan PP 25/2019 dikenal sebagai Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

Rakor Pengurus PII Pusat

Pada kesempatan itu, Ir. Eka Suharto memberikan update progress pengembangan pengisian FAIP online.

Menarik untuk Anda:

“Online FAIP ini lebih user friendly di dalam membantu kandidat Insinyur Profesional di dalam melakukan pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional lebih cepat dan lebih akurat,” ujar Ir. Eka.

Penyelesaian isian FAIP saat ini, kata Ir. Eka, masih berbasis manual dan membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu termasuk proses assessment dan verifikasi oleh Majelis Penilai Badan Kejuruan.

“Meskipun sudah ada beberapa badan kejuruan yang sudah mulai memperkenalkan sistem pengisian FAIP secara online diantaranya BK Kimia,” ujarnya.

Rakor Pengurus PII Pusat

Hadir pada zoom meeting ini Ir. Teguh Haryono (Sekjen PII Pusat), Ir. Habibie Razak (Sekretaris PII Learning Center), Ir. Rama Boedi (Ketua BK Lingkungan), Ir. Faizal Safa (Direktur Eksekutif) dan pengurus PII lainnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tanpa Busana, Artis FTV Diduga Hana Hanifah Diciduk Aparat di Kamar Hotel

Viral Kisah Wanita Hamil Ditinggal Pergi Suami karena Belum Siap Punya Anak

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar