Masuk

Dominik Livakovic Jadi Pahlawan Kroasia Usai Tepis 3 Tendangan Penalti Jepang!

Komentar

Terkini.id, Jakarta– Kroasia berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai sukses memulangkan Jepang lewat drama adu penalti. Kiper Kroasia Dominik Livakovic menjadi pahlawan setelah berhasil menepis 3 tendangan penalti Jepang.

Laga antara Jepang vs Kroasia berlangsung di Al Janoub Stadium, Qatar, Selasa 5 Desember 2022 malam WIB. Kroasia sendiri tertinggal lebih dulu di babak pertama dari Jepang.

Daizen Maeda menjadi aktor pencetak gol Jepang di menit ke-43. Kroasia sukses membalas gol di menit ke-55 melalui sundulan Ivan Perisic yang menusuk tajam ke gawang Jepang. Skor 1-1 pun bertahan hingga waktu normal.

Baca Juga: Go Public, Polbangtan Kementan Magangkan Mahasiswanya di Jepang

Pertandingan pun berlanjut di babak extra time. Di babak extra time kedua tim tidak mampu menciptakan satu gol pun sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang laga.

Di babak adu penalti, Kiper Kroasia Dominic Livakovic tampil gemilang. Ia berhasil menggagalkan tiga dari empat tendangan penalti Jepang. Satu-satunya pemain Jepang yang berhasil mengeksekusi penalti adalah Takuma Asano.

Sementara tiga dari empat penendang Kroasia sukses membobol gawang Shuci Gonda. Hanya Marko Livaja yang gagal mengeksekusi penalti.

Hasil babak adu penalti antara Jepang vs Kroasia. (Foto: Dok.Google)
Baca Juga: Presiden Turki Sebut Cristiano Ronaldo Korban Politik di Piala Dunia Hingga Jarang Dimainkan

Selain mengantarkan Kroasia melaju ke perempat final, kiper Kroasia Dominik Livakovic juga membuat dirinya berhasil mengukir sejarah. Dominik masuk dalam daftar tiga kiper yang berhasil mengagalkan tiga penalti dalam babak adu penalti di Piala Dunia bersama dengan salah satu kiper Kroasia lainnya. Berikut daftar namanya:

  • Ricardo (Portugal) vs Inggris (2006)
  • Danijel Subasic (Kroasia) vs Denmark (2018)
  • Dominik Livakovic (Kroasia) vs Jepang (2022).

Kemenangan atas Jepang memastikan Kroasia lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dan akan berjumpa dengan Tim Samba Brasil pada Jumat 9 Desember 2022.

Sementara perjuangan Jepang di Piala Dunia 2022 harus terhenti di babak 16 besar. Meski begitu, apresiasi luar biasa patut diberikan kepada Timnas Jepang yang sudah berjuang dengan sekuat tenaga di Piala Dunia Qatar 2022 ini.

Menarik dinantikan, sejauh mana langkah Kroasia di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Lionel Messi Dikabarkan Masuk Daftar Pertimbangan Ikon Mata Uang Argentina

(Sumber: indozone.id)