Donnarumma, Penerus Buffon dan Kiper Pertama yang Jadi Pemain Terbaik di Euro

Terkini.id, Jakarta – Kemenangan Italia atas Inggris dalam laga final Euro 2020 (Euro 2021) tidak lepas dari peran hebat sang kiper, Donnarumma.

Atas aksinya, Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020 (Euro 2021) usai laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB.

Mengutip dari ESPN, atas aksinya itu,  Gianluigi Donnarumma menjadi kiper pertama yang dinobatkan sebagai Player of the Tournament di Euro 2020.

Di media sosial, netizen menyebut Donnarumma layak menjadi penerus Gianluigi Buffon, kiper Italia yang legendaris.

Donnarumma menjadi bintang kemenangan Italia atas Inggris dalam drama adu penalti tersebut. Kiper Paris Saint-Germain itu mengagalkan dua tendangan penalti Inggris dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Donnarumma tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi dua penendang pertama Inggris. Harry Kane dan Harry Maguire bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, peruntungan Donnarumma berubah setelah eksekusi Marcus Rashford yang sudah mengecoh dirinya justru membentur tiang gawang. Setelah itu, kiper berusia 22 tersebut mampu membaca dengan telak dua tendangan penalti Inggris.

Donnaruma mengagalkan tendangan Jadon Sancho dan Bukayo Saka yang mengarah ke sisi kanan gawang. Keberhasilannya mengagalkan penalti Saka juga membuat Italia berhasil keluar sebagai juara Euro 2020.

Kegemilangan Donnarumma di bawah mistar membuat Italia menang 3-2 atas Inggris. Tiga penendang penalti Italia yakni Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi bisa menjalankan tugas dengan sempurna.

Sedangkan Andrea Belotti dan Jorginho gagal menjadi eksekutor tendangan 12 pas. Namun, kegagalan itu dibayar dengan penampilan yang begitu memikat dari Donnarumma dalam drama dari titik 12 pas.

Performa apik yang ditunjukkan Donnarumma saat melawan Inggris ibarat ulangan partai semifinal melawan Spanyol yang juga diakhiri lewat adu penalti.

Ketika itu, Donnarumma mampu membendung tendangan penalti Alvaro Morata untuk melapangkan jalan Italia ke final Euro 2020.

Bagikan