Fasilitas Pengolahan Limbah B3 Bakal Dibangun di Kabupaten Barru

Terkini.id — Fasilitas Pengolahan limbah B3 bakal dibangun di Kabupaten Barru. Pembangunan itu merupakan salah satu program yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Pemprov Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan, pembangunan fasilitas limbah B3 ini, adalah program dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Bappenas. 

Kabupaten Barru dipilih karena dinilai sangat layak, pembangunan pengolahan limba B3 itu harus jauh dari pemukiman penduduk. 

Baca Juga: 2021 Pemprov Sulsel Terima 349 CPNS, Non-guru 63 dan PPPK...

“Awalnya ada tiga daerah yaitu, Makassar, Maros dan Barru. Tapi setelah dilakukan survei, Barru paling tepat tempat untuk dibangun fasilitas pengolahan limbah B3,” kata Abdi Hasdullah, Senin 17 Februari 2020.

Hasdullah menambahkan rencana pembangunan fasilitas pengolahan limbah B3, bukan cuma Sulsel saja, tapi kawasan timur Indonesia bisa menggunakannya. 

Baca Juga: Sekprov Hadiri Rakorwasda Provinsi Sulsel Tahun 2021

Mengenai kapan dimulainya proyek itu, kata Hasdullah, masih dalam tahap feasibility study, pengurusan amdal dan administrasi.

“Kira-kira pembangunannya akan dimulai tahun 2022, anggaran saya dengan sekitar Rp1 triliun. Tapi sebenarnya belum dihitung. Nanti akan diketahui setelah selesai DED,” pungkasnya.

Bagikan