Masuk

Ganjar Pranowo Klaim Warga Desa Wadas yang Ditangkap Justru Ketawa-Ketawa Saja, LBH: Mereka Sangat Merasa Trauma ….

Komentar

Terkini.id, JakartaGanjar Pranowo klaim warga Desa Wadas dalam keadaan bahagia, tidak seperti apa yang ditampilkan di sosial media. Namun, pernyataan Ganjar ditentang Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Dalam salah satu acara stasiun TV Nasional, Ganjar sampaikan kondisi warga Desa Wadas yang ditangkap justru baik-baik saja, bahkan Ganjar mengakui ada video yang menunjukan mereka tertawa bersama.

Ganjar ingin memperlihatkan video tersebut. Namun, pembawa acara menolak memutarkan videonya dengan alasan waktu yang tidak cukup.

Baca Juga: Ade Armando Yakin Anies Baswedan Bakal Menang Jika Ganjar Pranowo Tak Maju

Menurut Ganjar, apa yang ditampilkan media tentang Desa Wadas itu tidak sesuai dengan kondisi nyata di sana, yang justru menurut Ganjar dinilai baik.

Meski demikian, Ganjar juga mengakui memang sempat ada konflik, namun tidak melulu kekerasan, sampai saat ini menurutnya justru keadaan baik-baik saja, tidak mencekam seperti informasi sosial media.

“Ini saya sebenarnya sudah kirim video ke produser, jadi warga yang sempat diamankan (ditangkap) itu di video, mereka main billiard, mereka ketawa-ketawa,” ujar Ganjar Pranowo pada Rabu, 9 Februari 2022, dilansir dari TV One.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

“Setahu saya mereka pas pulang naik bus dan juga diberikan bingkisan malah, maksud saya cerita ini penting untuk saya sampaikan, agar suasananya tidak semengerikan yang diceritakan,” ujar Ganjar melanjutkan.

Namun, pernyataan berupa klaim Ganjar Pranowo, ditentang oleh pihak LBH. Menurut LBH justru warga yang ditangkap justru sangat merasa trauma dan kelelahan.

Yogi, perwakilan dari LBH, mengaku dirinya mendampingi warga di lokasi penahanan sejak siang hari sampai dilepaskan.

Menurut Yogi, jika diurai secara kronologis, maka akan ditemukan pelanggaran dan kekerasan.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, Ganjar Pranowo Luncurkan 3 Aplikasi Layanan Pendidikan

“Saya kira itu hal lain ya, kalau dibahas secara kronologis itu yang akan kita temukan adalah pelanggaran dan kekerasan,” ujar Yogi menyangkal Ganjar.

“Saya berada di lokasi (penahanan warga) dari siang sampai lepas tadi, di Polsek dan di Polres, jadi saya melihat sendiri itu teman-teman sayngat merasa trauma dan mereka sangat kelelahan dengan proses yang dilakukan oleh Polisi,” ujar Yogi melanjutkan.

Selain itu, Yogi juga menyampaikan bahwa warga yang ditangkap tidak mengetahui status mereka dalam penangkapan.

“Bahkan mereka tidak tahu, ditangkap itu kapasitasnya sebagai apa,” ujar Yogi menjelaskan.

Adu klaim terjadi antara Ganjar Pranowo dengan Yogi, Ganjar mengaku memiliki bukti, begitupun Yogi yang mengaku menyaksikan secara langsung kondisi warga yang sempat ditangkap.