Gempa di Sulbar, PLN Berhasil Hidupkan 872 Gardu Listrik yang Mati

Terkini.id, Sulbar – PLN berhasil memulihkan 100 persen gardu listrik terdampak gempa magnitudo 6,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Mamuju dan Majene Sulawesi Barat. 

Total, 872 gardu listrik terdampak gempa telah menyala. Enam gardu terakhir di Kecamatan Ulumanda berhasil dipulihkan setelah PLN berhasil menembus akses ke Kecamatan Ulumanda yang sebelumnya terisolir akibat tanah longsor.

“Kami bersyukur, setelah berjuang menembus akses jalan yang sempat tertutup longsor karena gempa, akhirnya kami bisa memulihkan seluruh gardu terdampak gempa. Kini seluruh gardu terdampak gempa Sulbar telah kembali menyala,” ucap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid kepada terkini.id.

Baca Juga: YBM PLN UIKL Sulawesi Salurkan Bantuan Modal Usaha untuk Pengayuh...

Secara umum, kata dia kelistrikan Sulbar sebagian besar telah selesai sejak Rabu 20 Januari 2021 lalu. 

PLN berhasil memulihkan 856 gardu terdampak gempa dan ketika itu hanya menyisakan 16 gardu di wilayah terisolir di Kecamatan Ulumanda. 

Baca Juga: Selain Serahkan Bantuan, Rektor UIM Juga Pimpin Langsung Trauma Healing...

Ketika akses dibuka pada Rabu 27 Januari 2021 dan Minggu 31 Januari 2021 lalu, PLN juga langsung memulihkan 10 gardu listrik, setelah dibukanya akses jalan akibat longsor menuju ke sebagian wilayah Kecamatan Ulumanda. 

Untuk memulihkan listrik di Kecamatan Ulumanda, personil PLN harus melewati akses jalan yang ekstrim dan rusak berupa tanah berlumpur serta rawan longsor akibat gempa. 

Material kelistrikan harus diangkut menggunakan motor trail dan mobil “hardtop”. 

Baca Juga: YBM PLN Salurkan Bantuan Pembangunan Rumah Quran Ubay bin Ka’ab

Di beberapa titik pun material harus dipanggul atau diangkat secara manual oleh petugas.

Tidak hanya itu, 56 petugas bahkan harus berkemah di lokasi demi memulihkan enam gardu listrik terakhir.

1 2
Selanjutnya
Sponsored by adnow
Bagikan