Masuk

Harga BBM Naik, Warga Makassar: Kayak Lagu Iwan Fals ‘BBM Naik Tinggi Susu Tak Terbeli’

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Setelah pemerintah mengumumkan harga BBM akan naik Pukul 14.30 WIB, Sabtu, 3 September 2022. Sejumlah SPBU di Kota Makassar terpantau padat. Para pengendara berlomba-lomba mengisi BBM sebelum jam 15.30 Wita.

Dilansir dari SuaraSulsel.id, berdasarkan pantauan disejumlah SPBU terpantau dipadati pengendara motor maupun mobil. Seperti SPBU di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar.

Antrean yang didominasi oleh mobil meluber hingga ke jalan raya. Kondisi ini mengakibatkan kemacetan di jalan Poros Perintis Kemerdekaan karena antrean di SPBU mengular hingga 2 km di jalan raya.

Baca Juga: UMK Kota Makassar Naik 6,93 Persen, Jadi Rp 3,5 Juta

Sejumlah pengendara mengaku baru mengetahui kenaikan BBM, sehingga mereka langsung tancap gas ke SPBU.

“Jakarta dan Makassar beda sejam. Jadi masih ada kesempatan untuk kasih penuh tangki. Walau harus antre panjang begini,” kata salah satu pengendara mobil, Iswanto.

Pengendara lain, Yusuf Mansyur mengaku sangat kecewa. Masyarakat seolah kena prank oleh pemerintah.

Baca Juga: Pelayanan Kesehatan di Kota Makassar Belum Optimal

Bagaimana tidak. Pengendara mobil box itu mengaku rela antre hingga berjam-jam demi mengisi solar pada tanggal 31 Agustus lalu. Ternyata keesokan harinya BBM tidak naik.

“Pas kita lengah karena kasus Sambo, pemerintah tiba-tiba naikkan harga. Padahal kemarin saya antre di SPBU Sudiang lima jam demi isi solar, besoknya ternyata tidak naik. Luar biasa pak Jokowi prank masyarakat,” keluhnya.

Yusuf mengaku hidupnya saat ini sudah seperti lagu Iwan FalsBBM naik tinggi, harga susu tidak mampu terbeli’.

“Sudah kayak lagu Iwan Fals ini hidup, mbak. BBM naik, harga bahan pokok juga pasti ikut naik. Kita tidak mampu belikan anak susu,” ujarnya sambil berkelakar.

Baca Juga: SMK 7 Makassar Borong Juara pada Kompetisi Akuntansi

Hingga kini belum ada terlihat petugas kepolisian di SPBU untuk melakukan pengamanan. Walau antrean semakin padat.

Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Sementara, di Jalan Gunung Lompobattang, sejumlah mahasiswa sudah mulai melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM.
Mereka menutup jalan dan membakar ban mengakibatkan lalu lintas macet total.

Seperti diketahui, kenaikan harga BBM hari ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran Menteri. Pemerintah berdalih kenaikan harga ini mempertimbangkan naiknya harga minyak dunia dan kenaikan subsidi energi yang terus meningkat.

Berikut rincian harga BBM terbaru yang ditetapkan pemerintah:

– Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000/liter.
– Solar subsidi dari Rp 5.150 jadi Rp 6.800/liter.
– Pertamax non subsidi dari Rp 12.500 jadi Rp 14.500/liter.