HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin dan SEAAM Merilis SEARCHMACCA 2021

Terkini.id, Makassar – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin dan Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) dalam momentum Hari Pendidikan, mengenalkan SEARCHMACCA (Southeast Asia Student Research Competition on Mathematic Education), Minggu 2 Mei 2021

Nursalam, M.Si., Ketua Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin, dalam kesempatan lauching tidak saja memberikan sambutan tetapi sekaligus mengenalkan kegiatan ini ke publik yang merupakan prakarsa bersama sejak 2020.

Ismail Suardi Wekke, scientific committee SEAAM, dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa inisiasi ini sejatinya merupakan ikhtiar tidak saja sebagai program kampus merdeka. Melainkan juga ikhtiar untuk turut berkontribusi dalam pengembangan ekosistem keilmuan.

Baca Juga: Forkeis UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Temu Ilmiah Kader 2021

Dengan interaksi dengan kalangan akademik se-Asia Tenggara, maka sejak dini mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Alauddin, Makassar sudah mengenal kondisi pendidikan di Kawasan Asia Tenggara.

“Mahasiswa tidak hanya dengan ijazah dan transkrip nilai. Tetapi juga kemampuan akademik dan kemahiran tambahan lainnya,” kata Nursalam.

Baca Juga: Dorong Kebijakan Ekonomi Berbasis Riset, Dosen UIN Alauddin Makassar Luncurkan...

Dimana dengan adanya SEARCHMACCA ini akan menjadi bagian dalam input SKPI, dan juga pengembangan kompetensi mahasiswa.

SEAAM selama ini menjalin komunikasi dengan pelbagai kelembagaan di perguruan tinggi termasuk HMJ. 

“Dimana kemampuan abad 21 sesungguhnya tidak sebatas pada kemampuan akademik dengan penuntasa kurikulum internal. Tetapi juga diperlukan keterampilan akademik secara ekstensif,” kata Ismail yang juga dosen pascasarjana IAIN Sorong.

Baca Juga: CSSMoRA UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Festival Santri Nasional

Juga diantara panitia pengarah, Akmal Riswandi, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin 2020-2021. Akmal menyatakan bahwa pelaksanaan SEARCMACCA sebagai bagian dukungan HMJ dalam mengusahakan prodi ke status unggul.

“Lomba karya tulis ilmiah ini sebagai wadah belajar mahasiswa. Sehingga kemitraan pelaksanaan SEARCHMACCA dalam pengembangan portfolio mahasiswa,” tutup Akmal.

Bagikan