Jika Merinding Melihat Gambar Ini, Anda Mengidap Penyakit Trypophobia

Trypophobia
Ilustrasi Trypophobia

Terkini.idFobia adalah merupakan salah satu penyakit psikis yang membuat seseorang memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal.

Orang yang memiliki fobia dapat terhambat kehidupannya dikarenakan rasa takutnya yang kadang dianggap sepele buat orang lain. Bagi anak pengidap fobia seringkali menjadi bahan candaan teman-temannya.

Apakah anda takut, jijik, merinding saat melihat kecoa? Jika iya berarti anda memiliki fobia terhadap kecoa. Apakah anda gemetar saat berada diketinggian? Tidak bisa bergerak saat melihat ke bawah? Jika itu yang Anda rasakan, berarti Anda mengidap fobia ketinggian. Sesimpel itu cara mendeteksi apakah Anda memiliki fobia atau tidak.

Salah satu fobia yang sedang ramai dibahas adalah Trypophobia yang merupakan perasaan takut yang berlebihan dan cenderung tidak masuk akal (fobia) terhadap segala bentuk lubang.

Jenis ketakutan terbaru ini ditemukan oleh sekelompok ilmuwan bidang psikologi dari University of Essex di Inggris.

Mereka menemukan bahwa penderita trypophobia tidak dapat melihat benda yang memiliki banyak lubang dengan pola berulang (klaster lubang), seperti sarang semut, sarang lebah dan sebagainya.

Ketakutan akan semakin bertambah jika ada sesuatu yang bergerak di dalam lubang-lubang kecil tersebut.

Trypophobia

Penderita trypophobia akan merasakan gejala mual, panik atau malah terserang migren jika secara kebetulan melihat benda-benda berlubang dengan pola tertentu. Selain itu, kadang kala penderita trypophobia juga akan mengalami jantung berdebar dan berkeringat panas.

Trypophobia sering juga disebut sebagai repetitive pattern phobia atau ketakutan akan pola yang berulang. Sebagian orang mengaku takut pada saat pertama kali melihat contoh-contoh gambar berlubang kecil dan berulang.

Menurut Arnold Wilkins dan Geoff Cole, para peneliti yang melakukan penelitian terhadap trypophobia pertama kali. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ketakutan yang dirasakan lebih ke arah jijik ketimbang rasa takut.

Meskipun banyak yang mengaku mengalami trypophobia, para dokter ahli tidak mengakui bahwa kondisi tersebut merupakan fobia yang sesungguhnya

Gejala dan Tanda Trypophobia

Trypophobia

Penderita trypophobia akan merasakan sejumlah gejala dan tanda ketika terserang perasaan takut akan kulster lubang di hadapannya, seperti:

– Panik dan perasaan takut yang berlebihan
– Timbul kecemasan tinggi yang dapat mengurangi respon gerak anggota tubuh
– Keringat banyak disertai perasaan panas di sekujur tubuh
– Jantung berdetak sangat kencang bahkan bisa sulit bernapas
-Pada anak-anak yang menderita trypophobia cenderung akan rewel dan terus menangis karena takut.

Semua gejala-gejala yang disebutkan di atas merupakan dampak psikis akibat fobia terhadap lubang.

Sebagaimana diketahui, fobia merupakan ketakutan yang dialami oleh seseorang terhadap suatu obyek yang menimbulkan dampak nyata, yang pada orang yang normal kelihatan tidak masuk akal.

Penelitian yang dipimpin oleh Geoff Cole tersebut menemukan bahwa kemungkinan penyebab timbulnya ketakutan pada penderita trypophobia adalah karena adanya kemiripan visual pola lubang berulang dengan hewan beracun tertentu.

Mereka juga meyakini bahwa reaksi jijik dan takut (fobia) terhadap klaster berlubang merupakan efek samping dari adaptasi evolusioner untuk menghindari hewan beracun.

Hal ini didasari keadaan bahwa pada dasarnya setiap individu memiliki kecenderungan bawaan untuk waspada terhadap hal-hal yang dapat merugikan.

Cara Mengatasi Trypophobia

Trypophobia

Trypophobia bukanlah penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Sebagaimana umumnya fobia, trypophobia sebenarnya bisa disembuhkan secara mandiri.

Caranya adalah dengan sering melihat gambar klaster lubang sehingga penderita menjadi tidak peka terhadap pola lubang berulang.

Jika dilakukan secara rutin, maka gangguan trypophobia perlahan akan menghilang seiring dengan terbiasanya penderita melihat pola gambar dengan lubang berulang.

Jadi jika Anda tengah menderita trypophobia ini, mulailah untuk memberanikan diri berlatih melihat pola gambar dengan kluster berlubang. Yakinlah bahwa dengan cara tersebut gangguan psikis trypophobia ini bisa diatasi dengan mudah.

Bagi penderita fobia, hal yang dilakukan untuk menghilangkan rasa takutnya adalah dengan terapi. Begitu juga bagi anda yang memiliki  rypophobia, dapat disembuhkan melalui terapi.

Dikarenakan belum diketahui penyebab dari trypophobia, maka pengobatan yang dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi neurolinguistik, konsultasi psikologis, pengecekan perilaku kognitif.

Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara hipnoterapi. Yaitu para penderita dihilangkan rasa takutnya dengan cara hipnotis. Yakni menghilangkan rasa takut tersebut dari alam bawah sadarnya.

Ada beberapa cara fobia ini diantaranya:

Desentiasi Sistematis

Proses penyembuhan fobia dengan cara si penderita dibuat rileks, sehingga membayangkan suasana yang nyaman dan indah. Kemudian diperlihatkan gambar lubang-lubang pada tubuh manusia kepada si penderita.

Abreaksi

Penyembuhan fobia dengan cara pendekatan. Foto lubang-lubang pada tubuh manusia diperlihatkan dari kejauhan. Kemudian jika sudah agak terbiasa, sediki demi sedikit didekatkan. Hingga si penderita berani melihat dengan jarak yang sangat dekat.

Flooding

Cara menghilangkan trypophobia dengan cara menempatkan si penderita dengan gambar lubang-lubang di tubuh manusia atau sumsum tulang hingga tidak ada lagi rasa takut terhadaptnya. Namun cara ini dapat membuat si penderita pingsan atau muntah-muntah.

Trypophobia

Reframing

Cara menghilangkan rasa takut terhadap lubang-lubang dengan membayangkan masa lalu, kemudian menceritakannya kepada yang mengobati bagaimana awalnya ia mengalami fobia.

Obat-obatan

Cara menghilangkan trypophobia dengan obat-obatan sangat tidak dianjurkan. Karena jika dalam pemakaian jangka panjang, akan menyebabkan efek samping lainnya. Namun jika kamu terpaksa, kamu dapat meminum obat antidepresan, beta-blocker dan obat sejenisnya.

Demikianlah mengenai Trypophobia, semoga bermanfaat.

Jika Anda Berani dan ingin test apakah anda menderita Trypophobia silahkan lihat beberapa gambar berikut ini dan saksikan videonya pada akhir halaman.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti