Jual Beli Tak Pakai Dolar, Transaksi Uang Lokal di Asia Rp 1 Triliun

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Makassar.(instagram.com/pelindo_4)

Terkini.id, Jakarta – Indonesia dengan Malaysia dan Thailand telah melakukan kesepakatan untuk menggunakan local currency settlement (LCS) untuk perdagangan bilateral.

Ini artinya perdagangan ketiga negara tak lagi menggunakan dolar Amerika Serikat (AS) sebagai alat transaksi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menjelaskan transaksi terus meningkat setiap tahunnya.

“Pada kuartal I-2019, total transaksi perdagangan melalui LCS menggunakan Baht tercatat Rp 185 miliar meningkat dibandingkan periode 2018 Rp 96 miliar,” kata Onny melalui keterangan resminya Jumat 5 April 2019.

Sementara itu, untuk transaksi LCS menggunakan Ringgit setara dengan Rp 1 triliun meningkat tajam jika dibandingkan periode 2018 sebesar Rp 83 miliar.

Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand secara rutin melakukan tukar pandangan dan pengalaman sehingga dapat memperkaya dan memperkuat kapasitas kedua belah pihak dalam mengelola risiko dan tantangan ke depan.

BI dan Bank of Thailand meyakini bahwa penguatan kerja sama antar otoritas di tingkat bilateral, regional, dan multilateral menjadi salah satu kunci dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di tengah ketidakpastian perekonomian global yang tinggi.

Bank sentral negara tersebut meneguhkan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua bank sentral, termasuk melanjutkan pertemuan bilateral dalam tataran Pimpinan Bank Sentral maupun dalam tataran teknis.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bisnis

Kalla Aspal Rayakan HUT ke-31 Tahun

Terkini.id, Makassar – 31 tahun yg lalu, tepatnya pada 07 Desember 1998 Kalla Group mendirikan Kalla Aspal yang menjadi Perusahaan Agen Aspal Curah dari
Bisnis

Ganti Kartu Pelanggan Telkomsel Tetap Gratis

Terkini.id, Makassar – Telkomsel konsisten mengajak pelanggan untuk menjadi bagian dari eksosistem 4G LTE dengan memberikan kemudahan dan penawaran agar segera dapat beralih ke