Kontrol Makan Saat Buka Puasa, Ini Kiatnya

Kontrol makan ketia berbuka puasa. Sumber : haibunda.com

Terkini.id, – Berbuka puasa menjadi momen yang sangat dinantikan ketika umat Muslim berpuasa dibulan Ramadan. Selama bulan Ramadan kegiatan berbuka puasa akan menjadi sesuatu yang berbeda dari hari biasa dan diluar bulan Ramadan.

Undangan untuk berbuka puasa menjadi kegiatan rutin yang akan dinanti di bulan Ramadan. Menjadi momen penting karena cara ini menjadi sangat efektif untuk menjalin silaturahmi.

Buka puasa bersama menjadi ajang makan enak yang dilakukan beberapa kali selama bulan Ramadan. Jika kita tidak bisa menahan diri maka porsi makan menjadi tak terkontrol. Puasa yang seharusnya membawa manfaat untuk menahan diri dan mengontrol diri menjadi abai ketika buka puasa bersama dengan makan tanpa kontrol.

Dilansir dari Kompas.com, beberapa tips dari Head of Nutrifood Research Centre, Astri Kurniawati bisa dijalankan agar bisa tetap terkontrol saat berbuka puasa bersama.

1. Pastikan memilih berbuka puasa dengan makan menu yang tinggi serat seperti buah-buahan untuk mengawali buka puasa. Di dalam buah selain mengandung serat juga merupakan karbohidrat sederhana yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi. Buah adalah pilihan yang tepat karena sangat tinggi serat. Selain buah pilihlah makanan yang kaya akan sayuran karena mengandung serat tinggi. Contoh makanan yang baik untuk berbuka adalah salad dan gado-gado.

Gado-Gado. Sumber : resepkoki

2. Pilihlah makanan yang dikukus atau digoreng dengan teknik pan frying dengan memakai minyak sedikit. Sebaiknya hindari makanan berlemak tinggi seperti gorengan. Hindari makanan yang digoreng dengan teknik deep frying. Hindari juga makanan yang bersantan karena mengandung lemak. Menurut penjelasan Astri, lemak adalah makronutrien yang paling susah dicerna dan bertahan cukup lama di lambung. Jika dikonsumsi pada saat berbuka puasa setelah seharian tidak makan, itu akan lebih berat kerjanya untuk lambung. Jadi alangkah baiknya sebisa mungkin hindari gorengan dan makanan berlemak. Pilih juga makanan yang berkuah yang direbus seperti sop sayur, sayur bening dan masakan berkuah lainnya.

Sayur Sop Ayam. Sumber : resep koki

3. Perlu membatasi diri untuk minum minuman yang tinggi gula. Menjadi kebiasaan ketika berbuka puasa dimulai yang manis-manis, tetapi bukan berarti harus tinggi gula. Mengonsumsi minuman yang kadar gulanya tinggi bisa membuat hormon insulin terus dikeluarkan pankreas. Kebiasaan ini dalam jangka panjang bisa memicu munculnya penyakit diabetes.

Selain itu minum minuman yang tinggi gula tidaklah menghilangkan rasa haus sebaliknya justru akan membuat cepat merasa haus. Sensasi yang ditimbulkan ketika kita minum minuman tinggi gula adalah membuat kita ingin dan ingin lagi minum karena sensasi manis yang dikecap lidah kita.

Sangat disarankan untuk berbuka puasa dengan minum air putih untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa. Selain itu bisa ditambah dengan buah-buahan yang tinggi serat, vitamin dan mineral. Ganti kekurangan cairan selama puasa dengan air putih dan perbanyak makan buah-buahan dan sayuran akan membuat tubuh tetap fit selama sebulan penuh berpuasa dan menghindari kita dari penyakit yang mudah menyerang selama berpuasa.

Berita Terkait
Komentar
Terkini