Ma’ruf Amin Gantikan Jokowi Saat Jokowi Kunjungan ke Amerika Serikat

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Keputusan Presiden (keppres) yang mengatur tentang penugasan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dilansir dari detik.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan keputusan presiden (keppres) tentang penugasan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk menjalankan tugas – tugas presiden selama Jokowi melaksanakan kunjungan kerja ke Amerika Serikat.

Keputusan Presiden (keppres) dikeluarkan untuk menjaga pelaksanaan pemerintahan.

Baca Juga: Natalius Pigai Kecam Sikap Jokowi terhadap Konflik Rusia-Ukraina, Ruhut: Di...

Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2022 berisikan tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden itu diteken Jokowi pada tanggal 10 Mei 2022.

Keputusan Presiden ini diterbitkan sehubungan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat selama 10 – 16 Mei 2022.

Baca Juga: Sentil Jokowi, SBY: Dulu Saya Dihujat Tapi Pemerintahan Saya Tak...

“Bahwa sehubungan dengan pelaksanaan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan Presiden ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022, maka untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dipandang perlu untuk menugaskan Wakil Presiden melaksanakan tugas sehari-hari Presiden selama berlangsungnya kunjungan tersebut,” demikian bunyi pertimbangan keppres tersebut.

Ada empat diktum dalam Keputusan Presiden penugasan Ma’ruf Amin untuk menjalankan tugas sehari-hari Presiden.

Berikut ini dijelaskan selengkapnya:

Baca Juga: Sentil Jokowi, SBY: Dulu Saya Dihujat Tapi Pemerintahan Saya Tak...

KESATU: Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air.

KEDUA: Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden.

KETIGA: Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden.

KEEMPAT: Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Bagikan